10 Kuliner Top Di Kabupaten Kuningan

KNGInfo.com – Selain dikenal karena banyaknya tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan menarik. Kabupaten Kuningan juga memiliki banyak makanan khas ataupun kuliner khas yang selalu dicari. Tidak hanya dicari dan dinikmati oleh baraya wargi kuningan sendiri. Akan tetapi, kuliner tersebut juga banyak dicari dan dinikmati oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke kabupaten kuningan.

Memang ketika kita berbicara perihal kuliner khas sebuah wilayah, akan banyak sekali daftar kuliner yang wajib dinikmati. Namun, berikut mimin jabarkan 10 kuliner khas kabupaten kuningan yang wajib baraya coba. Kuliner khas ini akan membuat kita betah berlama-lama dikampung, dan juga tentu membuat betah wisatawan yang berlibur di kabupaten kuningan. Dan berikut adalah daftarnya :

1. Kasreng Luragung

Makanan khas kuningan yang berasal dari wilayah luragung ini memang memiliki kelezatan tersendiri. Kasreng Luragung awalnya memang banyak disajikan disepanjang jalan yang menuju wilayah luragung. Akan tetapi saat ini bagi baraya wargi kuningan yang ingin mencicipi nasi kasreng tidak perlu repot ke luragung. Pasalnya diwilayah perkotaanpun kini sudah ada yang menjajakan kuliner khas luragung ini.

Nasi kasreng sendiri terdiri dari nasi, lalapan toge, taburan rebon dan gorengan panas. Harga nasi kasreng pun terbilang cukup murah, yakni kisaran Rp. 3.000,- sampai dengan Rp. 10.000,- tergantung dengan menu apa yang anda nikmati.

2. Hucap Ma Iroh

Mungkin inilah salah satu kuliner khas kabupaten kuningan yang melegenda dan sudah banyak dikenal masyarakat luas. Hucap Ma Iroh merupakan kuliner yang tetap dicari, terlebih lagi ketika musim mudik atau liburan tiba. Harganya yang terjangkau, dan juga cita rasa yang khas menjadikan Hucap Ma Iroh selalu diburu.

Sebenarnya, Hucap Ma Iroh ini tidak berbeda jauh dengan hucap lainnya. Yakni terdiri dari Tahu yang digoreng, biasanya ditambah dengan Kupat dan diaduk dengan bumbu kacang. Namun entah kenapa, ada cita rasa khas yang membedakan Hucap Ma Iroh dengan hucap lainnya.

Alamat Hucap Ma Iroh : Jl. Dewi Sartika, Kuningan, Jawa Barat.

3. Sate Ulah Lali

Kuliner yang satu ini mungkin baraya sudah mengenalnya sejak lama. Baik itu sate ayam, sate kambing atau bahkan sate sapi sesuai dengan keinginan. Namun ada hal yang menarik yang ditawarkan di Sate Ulah Lali atau dalam bahasa indonesia nya sate jangan lupa. Meskipun kebanyakan sate sama, ada rasa yang berbeda yang ditawarkan di sate ulah lali ini.

Alamat : Jl. Raya Jalaksana No. 180 Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

No Telepon : (0232) 871021

4. Ayam Goreng Cipondok

Bagi baraya yang menyukai goreng ayam, rasanya wajib mencicipi goreng ayam cipondok. Salah satu menu makanan yang ada di RM Cipondok ini memang menjadi menu andalan. Pasalnya banyak sekali pengunjung yang memesan ayam goreng cipondok karena dinilai memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari kebanyakan ayam goreng lainnya.

Alamat : Jl. Raya Cipondok, Kadugede, Kuningan.

5. Sop Kambing dan Sapi Bu Sahyo

Bagi baraya yang menyukai makanan berbau sop bisa mencoba sop kambing ataupun sop sapi buh sahyo. Rasanya yang menggoda selera membuat sop kambing dan sapi bu sahyo selalu diburu penikmat kuliner. Baik itu baraya wargi kuningan ataupun wisatawan yang sedang berlibur di kuningan.

6. Tahu Kopeci

Tahu Kopeci merupakan kuliner khas kuningan yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Tidak hanya baraya warga kuningan saja yang suka dengan tahu kopeci ini, bahkan banyak wisatawan yang kebetulan melewati tahu kopeci. Sengaja membeli tahu kopeci untuk dinikmati diperjalanan atau bahkan untuk oleh-oleh saudaranya dikampung halaman.

Tahu Kopeci ini memang memiliki cita rasa yang khas, yakni tahunya yang isi dan tidak kosong. Karena biasanya kebanyakan tahu isinya kempes ketika dipijit, berbeda dengan apa yang ada pada tahu kopeci ini. Dengan Rp. 10.000,- saja kita sudah cukup mendapatkan banyak tahu kopeci.

7. Susu / Yoghurt Cigugur

Untuk baraya yang menyukai minuman susu atau yoghurt bisa merapat ke wilayah cigugur. Pasalnya disini terdapat sentra penjualan susu sapi ataupun yoghurt dengan berbagai macam varian rasa. Selain itu, harga yang ditawarkannyapun cukup terjangkau dan sesuai dengan apa yang ditawarkan.

8. Ikan Gurame Cobek Laksana

Ikan Gurame Cobek merupakan salah satu menu andalan dari RM Laksana, Sangkanurip Kuningan. Ikan guramenya terkenal karena bercita rasa yang khas dan selalu menjadi pilihan para pengunjung yang datang ke RM Laksana. Tentu menu andalan ini nantinya bisa baraya coba ketika datang kesini.

Alamat : Jl. Panawuan-Sangkanurip, Cigandamekar, Kuningan.

9. Karedok Grage Lanay

Siapa baraya yang menyukai karedok ? Bagi baraya yang memang penikmat makanan karedok, bisa mampir ke Grage Lanay. Pasalnya disana terdapat menu andalan karedok yang menggugah selera. Banyak yang bilang jika karedok di grage lanay ini berbeda dari kebanyakan karedok lainnya. Mungkin karena memang memiliki banyak cirikhas.

Alamat : Jl. Raya Sangkanurip No. 1, Panawuan, Cilimus, Kuningan.

10. Bakso Dengkil Jamaha

Warung bakso dengkil pak jamaha yang terletak di Jl Raya Jalaksana No. 10 Padamenak, Kuningan. Merupakan salah satu warung bakso dengkil yang selalu ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan kenikmatan bakso dengkil. Pasalnya, bakso dengkil pak jamaha ini memang memiliki citarasa yang khas. Bagi baraya yang mau merasakan kelezatan bakso dengkilnya bisa datang langsung kewarung nya.

Bagaimana baraya ? itulah 10 kuliner top di kabupaten kuningan yang wajib anda coba. Terlebih lagi yang sudah lama merantau dan tidak pernah merasakan kembali kuliner-kuliner khas kota kelahiran.

Ilustrasi Foto : GenPi