4 Tahun Indonesia Kreatif, Sudah Sejauh Mana Perkembangannya ?

KNGInfo.com – Perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun, jelas harus selalu kita ikuti. Karena walau bagaimanapun, dengan mengikuti perkembangan teknologi setidaknya kita tidak ketinggalan jaman. Terlebih lagi saat ini dunia teknologi dalam bidang internet marketing (e-commerce) sedang gencar-gencarnya bermunculan di Indonesia.

Hal tersebut membuat pemerintah Indonesia membentuk Badan Pemerintah. Badan Pemerintah tersebut ialah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Dimana lembaga pemerintah non kementrian ini berada dibawah dan bertanggung jawab terhadap Presiden. Melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan dalam bidang pariwisata.

Selama 4 tahun didirikannya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hal-hal apa saja yang sudah tercapai atau sejauh mana kini perkembangannya ?

Pertanyaan tersebut telah terjawab pada acara Flash Blogginyang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Bandung Oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Menurut salah satu narasumber yang hadir dalam acara tersebut yakni Ibu Rosa Niken yang merupakan salah satu orang penting di Kementrian Komunikasi dan Informatika. Menurut beliau bekraf sendiri (Badan Ekonomi Kreatif) bertugas untuk merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan kebijakan pemerintah dibidang Ekonomi Kreatif.

Selama 4 tahun adanya Badan Ekonomi Kreatif ini, sudah banyak sekali terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Baik itu melalui kegiatan penyuluhan terkait UMKM dan hal lainnya langsung kepada masyarakat. Ataupun dengan membangun fasilitas-fasilitas yang kedepannya akan menjadi penunjang perekonomian warga sekitar.

Sumber : Tribunnews

Salah satunya adalah pembangunan jalan trans sulawesi ataupun pembangunan jalan diwilayah-wilayah terpencil. Yang memang sebelumnya belum ada jalan raya yang layak. Jelas kini dengan hadirnya atau dibuatnya jalan tersebut akan menumbuhkan dan mempercepat roda perekonomian warga sekitar. Karena dengan adanya jalan tersebut tentu akan mempercepat pengiriman logistik ataupun hal lainnya. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin jika hal tersebut juga akan membuka lowongan pekerjaan yang baru.

Sumber : Merdekadotcom

Selain pembangunan jalan raya diwilayah terpencil dan jalan penghubung lainnya. Pemerintah juga sukses menghadirkan beberapa bandar udara baru guna menunjang perekonomian masyarakat. Dalam kata lain dengan hadirnya bandara tersebut jelas akan mempermudah masyarakat dalam bepergian. Selain itu, tempat wisata yang tadinya sulit terjangkau karena sulitnya moda transportasi yang bisa menjangkau daerah tersebut. Kini dengan mudah bisa dijangkau, baik oleh wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Hal tersebut terbukti dengan kian mudahnya wisatawan menjangkau beberapa daerah yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Karena dengan tersedianya moda transportasi dan juga adanya akses jalan yang memadai. Selain mengembangkan pariwisata didaerah tersebut, juga membuka lowongan pekerjaan baru. Dimana masyarakat yang ada disekitar wisata tersebut bisa menjadi pengelola dan menjual pernak pernik khas daerah tersebut.

Hal tersebut terbukti dengan turunnya angka kemiskinan dari tahun ketahun. Jelas hal tersebut merupakan buah dari kerja keras pemerintah dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Berikut adalah grafik angka kemiskinan yang mengalami penurunan dari tahun ke tahunnya :

Sumber : DetikFinance

Berdasarkan data-data tersebut, bisa disimpulkan jika dalam 4 tahun Indonesia kreatif ini. Sudah banyak sekali hal-hal yang dilakukan pemerintahan dalam bidang ekonomi. Baik itu perihal pembangunan akses jalan, pengembangan umkm disetiap wilayah atau bahkan pembangunan bandara-bandara yang akan menunjang roda perekonomian selanjutnya.

Dalam rangkaian flash blogging ini, banyak sekali hal-hal yang baru saya ketahui perihal Badan Ekonomi Kreatif. Dan kemajuan-kemajuan yang telah dilakukan pemerintah dibidang ekonomi. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan Indonesia Lebih Kreatif.