5 Jenis Izin Usaha yang Perlu Diurus Pengusaha

  • admin
  • Agu 03, 2022
5 Jenis Izin Usaha yang Perlu Diurus Pengusaha

KNGInfo.com5 Jenis Izin Usaha yang Perlu Diurus Pengusaha. Memiliki usaha tidak hanya perihal untung dan rugi, tapi juga ada izin usaha yang harus terpenuhi dari pemerintah. Izin usaha ini berguna untuk menciptakan lingkungan usaha yang lebih kondusif dan teratur. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis izin usaha yang perlu diurus oleh para pengusaha. Apa saja jenis usaha tersebut? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jenis Izin Usaha yang Perlu Diurus Pengusaha

Seiring banyaknya masyarakat yang membangun usaha, maka semakin mudah juga proses dalam mengurus izin usaha. Tak hanya itu, untuk mengimbangi teknologi yang semakin maju dimana sudah banyak masyarakat yang membuka usaha secara online membuat pemerintah pun membuat aturan izin usaha. Izin usaha ini bertujuan untuk memberikan koridor yang jelas dalam membangun usaha dan guna menciptakan lingkungan usaha yang kondusif serta teratur.

Umumnya masyarakat hanya mengetahui adanya surat izin tempat usaha dan surat izin usaha perdagangan. Padahal selain itu ada banyak jenis izin usaha lainnya yang ada di Indonesia dan perlu untuk diurus oleh pengusaha, diantaranya adalah:

1. Surat Izin Usaha

Yang pertama ini sudah sangat umum dan berguna untuk membuktikan tempat usaha yang digunakan sudah diperbolehkan untuk menjalankan bisnis. Biasanya surat ini diurus sebelum pengusaha memulai kegiatan usahanya. Sebab tanpa dokumen perizinan ini maka perusahaan bisa dianggap ilegal dan kegiatan usahanya juga bisa dihentikan secara paksa oleh pemerintah daerah.

2. Surat Izin Usaha Perdagangan

Selanjutnya ada surat izin usaha perdagangan yang perlu diurus sebagai tanda bahwa pengusaha bisa melaksanakan kegiatan dagangnya. Dan surat izin ini juga sama pentingnya seperti surat izin tempat usaha. Tanpa adanya surat izin usaha perdagangan maka pemerintah bisa menganggap perusahaan tersebut ilegal dan bisa menghentikan kegiatan usaha secara paksa.

3. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak

NPWP menjadi izin usaha yang paling umum dan tidak hanya miliki oleh pengusaha tapi juga seluruh warga yang memiliki penghasilan sendiri karena wajib membayar pajak.

4. NRP atau Nomor Register Perusahaan

Disebut juga dengan TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, NRP ini wajib untuk diurus oleh para pelaku usaha untuk menandakan usaha tersebut sudah terdaftar secara jelas dan resmi.

5. NIB atau Nomor Induk Berusaha

Ada juga NIB atau Nomor Induk Berusaha yang wajib untuk diurus karena menjadi nomor identitas pelaku usaha untuk memudahkan proses perizinan. NIB bisa dibuat secara online dan pemerintah mengklaim dalam waktu 30 menit saja untuk membuat NIB dengan mendaftar melalui laman www.oss.go.id.

Akhir Kata

Itulah 5 Jenis Izin Usaha yang Perlu Diurus Pengusaha yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kamu yang mungkin saja berencana untuk menjalankan usaha.

BACA JUGA  Sanksi Bagi Yang Menolak Dengan Sengaja Vaksin Covid-19
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.