5 Kuliner Kota Kuningan Yang Wajib Dicoba

KNGInfo.com – Kuliner di kota kuningan ini sangat banyak dan terkenal. Dengan ciri khasnya yang berbeda dari kota atau daerah yang lain. Berikut adalah beberapa kuliner yang wajib anda coba ketika sedang berada atau berlibur di kota kuningan :

1. Hucap

Hucap ini singkatan dari tahu dan kecap, yang sudah melegenda sebagai kuliner kota kuningan. Hucap sendiri biasanya terdiri dari tahu, kupat dan kecap serta bumbu kacang. Dikuningan ini banyak sekali penjual hucap, akan tetapi yang menurut saya mempunyai rasa dan ciri khas berbeda adalah hucap mi iroh dan hucap mi rasa beringin.

2. Bubur Ayam

Di kuningan bubur ayamnya memang memiliki ciri khas disajikan dengan kaldu ayam atau sop ayam. Berbeda dengan daerah lain yang pernah saya kunjungi, seperti bandung yang tidak memakai kaldu atau sop ayam. Dikuningan ada beberapa tempat bubur ayam yang enak, berikut adalah daftarnya :

  • Bubur Ayam Togog : Bubur ayam togog ini berada di desa babatan tepatnya dipinggir jalan raya kadugede. Bubur ayam ini sudah berdiri sejak tahun 1980an dan memiliki kaldu serta rasa yang khas yang membuat pelanggannya terus membeli bubur disini.
  • Bubur Ayam Mang Yaya : Bubur ayam mang yaya terletak di desa winduhaji sebelum masjid winduhaji. Disini ketika kita makan bubur disediakan juga sate telur, sate usus, ati ampela dan lainnya yang membuat kenikmatan buburnya makin berasa.

3. Nasi Lengko

Nasi lengko ini adalah nasi putih yang dicampur dengan potongan goreng tempe, goreng tahu dan juga tauge. Setelah itu disiram dengan bumbu kacang. Saya sendiri merasakan nasi lengko ketika masih duduk dibangku sekolahan. Memang sederhana, akan tetapi rasanya yang khas membuat saya tidak lupa untuk mencobanya setiap kali ada waktu pulang ke kuningan.

4. Koecang Atau Lepeut

Koecang atau lepeut ini sama-sama terbuat dari beras ketan. Jika lepeut dalam proses pembuatannya ditambahkan kacang dan juga kelapa yang dibungkus dengan daun kelapa. Berbeda dengan koecang dicampur dengan sedikit ari apu dan dibungkus menggunakan daun bambu.

Saya sendiri biasanya beli dengan memesan didaerah ciherang, kadugede. Itupun untuk keperluan kondangan ibu saya.

5. Tahu Lamping Atau Tahu Kopeci

Tahu adalah makanan khas dari kota kuningan, khususnya tahu didaerah lamping. Tahu disini memang berbeda dari daerah lain, terlebih lagi ketika kita akan membeli tahu kopeci ya harus bisa sabar antri. Karena hampir setiap hari baik itu warga kuningan ataupun luar kuningan selalu menyempatkan untuk membeli panganan tahu disini. Tentu karena memang harganya juga cukup murah dan tidak terlalu mahal.