5 Rumah Rusak Dikuningan Dampak Dari Gempa Tasikmalaya

KNGInfo.com – Meskipun pusat gempa terletak di kabupaten tasikmalaya, namun ternyata dampaknya terasa sampai kabupaten kuningan. Dimana hampir semua masyarakat kuningan merasakan getaran gempa yang terjadi jumat lalu sekitar pukul 23.47 WIB.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) langsung sigap pasca terjadinya gempa. Dengan menurunkan petugas yang siap siaga, dan sebagian petugas BPBD lainnya langsung terjun ke daerah-daerah yang selama ini dikenal sangat rawan terjadinya pergerakan tanah. Berdasarkan data yang diperoleh radar kuningan dari BPBD, tercatat ada lima rumah di dua kecamatan yang berbeda yang mengalami kerusakan. Dimana terletak di kecamatan cilebak dan juga kecamatan cibereum.

Di dua kecamatan tersebut, sebanyak empat rumah mengalami retak-retak dan akses jalan penghubung dusun iv desa purwasari kecamatan garawangi mengalami kerusakan. Kepala BPBD Kuningan Agung Mauludin menegaskan bahwa, dampak dari gempa bumi awalnya belum menerima adanya kerusakan. Baik itu kerusakan fasilitas umum dan rumah masyarakat yang terkena dampak dari gempa tersebut.

Dia merinci empat rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di barat daya kabupaten tasikmalaya. Di desa cimara kecamatan cibereum, dua rumah mengalami kerusakan masing-masing rumah milik tarsono yang berada di rt 02/08 dusun iv. Dimana dari pemeriksaan yang dilakukan petugas, rumah tarsono mengalami kerusakan dan retak pada dinding dan lantai.

Kemudian rumah milik rohani yang berada di lingkungan yang sama mengalami kerusakan dan keretakan di bagian dinding serta lantai. Selanjutnya didusun yang sama, kediaman tarno mengalami kerusakan yang cukup parah dibandingkan dengan rumah tetangga lainnya. Dinding kamar mandinya roboh dan dinding rumahnya mengalami retak-retak. Sementara itu rumah casmaja mengalami keretakan pada bagian dinding rumah.

Bukan hanya empat rumah di desa cimara yang mengalami kerusakan, tetapi satu rumah di desa mandapajaya kecamatan cilebak juga mengalami kerusakan. Rumah milik tayu yang berada di rt 07/02 dusun manis mengalami kerusakan di bagian dinding rumah.

Menurut Agus, pusat gempa sebenarnya memang jauh dari kabupaten kuningan, namun seluruh masyarakat kuningan merasakan getaran gempa. Dimana tercatat ada lima gempa yang dirasakan dengan kekuatan yang berbeda. Dimana secara umum kabupaten kuningan masih dalam posisi yang aman.

” Sekecil apapun laporan yang masuk ke BPBD, kami akan tindak lanjuti secepatnya. Laporan tersebut bisa melalui radio ht, handphone, whatsapp ataupun media komunikasi lainnya. Selain hal tersebut, kami menghimbau seluruh masyarakat kuningan untuk segera melapor jika ada kejadian di lingkungannya. Petugas kami akan langsung menuju lokasi,” ungkap Agus.

Sumber : radarcirebon.com