7 Langkah Cuci Tangan Budaya Untuk Tetap Sehat

KNGInfo.com – Membiasakan diri untuk mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas ialah salah satu kebiasaan baik yang harus terus diterapkan. Mencuci tangan juga salah satu upaya dari melindungi keluarga dari bahaya penyakit akibat kontaminasi bakteri yang disebarkan melalui banyak hal seperti gagang pintu, keran, meja, pintu lemari es, dan masih banyak lagi.

Influenza, infeksi dan penyakit lainnya ditularkan akibat kondisi yang tidak higenis. Selain itu, cara mencegah kuman menempel tentunya dengan cara mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun biasa tidaklah cukup, pilihlah sabun yang bukan hanya wangi tetapi juga dapat menghilangkan bakteri dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, jika 7 langkah cuci tangan dapat membuat kebersihan pada tangan menjadi lebih baik. Selain daripada itu, mencuci tangan tidak hanya membuat kita terhindar dari penyakit. Tetapi salah satu usaha untuk menjaga keluarga kita untuk tetap sehat. Beberapa langkah dalam mencuci tangan yang benar ialah :

Membasuh Kedua Tangan Menggunakan Air Hangat atau Dingin

Langkah pertama dalam melakukan cuci tangan tentu saja membasahi kedua tangan. Membasahi tangan pun dapat dilakukan dengan air hangat maupun air dingin, sesuai dengan keinginan kita saja. Basahi kedua tangan dengan benar dan pastikan seluruh tangan sudah benar-benar basah ya!

Menuangkan Sabun Cair

Langkah kedua dalam 7 langkah cuci tangan ialah dengan menuangkan sabun cair khusus pencuci tangan ke telapak tangan. Menuangkan sabun juga tidak perlu berlebihan, secukupnya saja karena tidak baik juga jika terlalu banyak. Karena dapat membuat mubadzir dan tentunya boros. Saat ini sudah banyak sabun cair khusus untuk mencuci tangan yang dapat kamu pilih dengan sendirinya.

Gosoklah Kedua Telapak Tangan

Setelah menuangkan sabun cuci tangan maka gosoklah kedua telapak tangan kamu dengan benar. Menggosok telapak tangan dengan benar akan memaksimalkan hasilnya. Mudah bukan ?

Saling Menyiram dengan Telapak Tangan

Setelah menggosok telapak tangan, 7 langkah cuci tangan yang benar selanjutnya ialah dengan membantu menyiramkan atau membersihkan kedua punggung tangan dengan telapak tangan secara bergantian. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghilangkan buih sabun. Siramlah hingga benar-benar bersih.

Gunakan Bantuan Jari-Jari

Untuk memaksimalkan pencucian tangan diharapkan kamu menggunakan jari tangan untuk menggosok sela-sela jari. Tentunya kamu tahu jika bisa saja bakteri menyelip di sela-sela jari. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba menggosok sela-sela jari dengan benar.

Bersihkan Menyeluruh

7 langkah cuci tangan selanjutnya ialah membersihkan kuku juga kutikula (pangkas sisi atas kuku) dengan menggunakan sikat khusus atau sikat gigi yang masih dipakai (bersih dan memiliki bulu lembut masih berdiri). Jika tidak ada, alternatifnya ialah menggunakan kuku jemari yang lain.

Membilas dengan Bersih

Langkah terakhir dalam mencuci tangan ialah mencucinya dengan air mengalir. Setelah mencuci dengan bersih keringkanlah kedua tangan dengan handuk kering. Ingat, jangan gunakan baju maupun celana sebagai pengering kedua tangan, meskipun dalam keadaan darurat, ini tidaklah tepat.

Demikian ulasan artikel mengenai 7 langkah cuci tangan yang baik dan sekiranya dapat kamu ajarkan kepada anggota keluarga yang lainnya. Ingatlah, jika mencuci tangan merupakan kebiasaan baik yang harus dilakukan dan merupakan ritual wajib setelah melakukan aktivitas. Tularkanlah kebiasaan baik ini sejak dini kepada anak-anak kita. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu!

Foto : Inilah