9 Hari Berlalu, Api Masih Membara Di Gunung Ciremai

KNGInfo.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Mencatat api yang membakar kawasan gunung ciremai telah membakar lebih dari 900 hektare. Dimana sampai dengan saat ini, tim gabungan masih berupaya keras untuk bisa memadamkan kobaran api yang semakin meluas. Terlebih lagi proses pemadaman sedikit terganggu dengan hembusan angin yang cukup kencang diarea yang terbakar.

“Selama kurang lebih 9 hari, sudah lebih dari 900 hektare lahan di area gunung ciremai yang hangus terbakar,” Kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Senin (8/10/2018), dilansir dari laman Antara.

Menurut Agus Mauludin, kebakaran kali ini terus meluas dari hari ke hari. Meskipun tim gabungan telah berupaya dengan keras untuk bisa memadamkan kobaran api. Akan tetapi proses tersebut masih belum berhasil sampai dengan saat ini. Hal tersebut dijelaskan Agus, disebabkan luasnya areal gunung ciremai yang terbakar sehingga tim pemadam kesulitan untuk menjangkau area yang terbakar tersebut.

Tidak hanya itu saja, lokasi kebakaran yang merupakan lokasi perbukitan yang didominasi tumbuhan alang-alang serta pardu. Juga menjadi kendala tersendiri dalam pemadaman lahan terbakar tersebut. Apalagi dalam kondisi lahan bebatuan diatas ketinggian 300 – 1600 meter diatas permukaan laut.

Kebakaran hutan yang terjadi di areal kawasan gunung ciremai ini diketahui mulai terjadi sejak 30 September 2018. Api yang membakar diduga berasal dari kawasan erpah di Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sumber : Liputan6 dan Antara News

Gambar : CNN Indonesia