Apa Saja Manfaat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

  • ervan
  • Apr 09, 2021
APA SAJA MANFAAT PROGRAM JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN

KNGinfo.com- Apa Saja Manfaat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Untuk memperhatikan tenaga kerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari tempat mereka bekerja. Maka dengan itu pemerintah Indonesia melalui Mentri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menerbitkan program jaminan kehilangan pekerjaan untuk lebih lanjutnya kamu dapat simak ulasan pada artikel ini, sebagai berikut.

Mengenal Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Tenaga kerja yang mendapatkan PHK dari tempat mereka bekerja, saat ini akan mendapatkan JKP ( Jaminan Kehilangan Pekerjaan). Hal tersebut tertuang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomer 37 Tahun 2021 tentang “ Penyelenggaraan Jaminan Kehilangan Pekerjaan“. Sehingga nantinya para pekerja yang terdaftar sebagai peserta Bpjs Kesehatan dan Bpjs Ketenagakerjaan, akan terdaftar sebagai peserta JKP dan mendapatkan manfaat dari program tersebut.

Namun bagi pekerja pada sektor usaha mikro, sebagai syarat keikutsertaan pada program ini terdaftar sebagai peserta JKN,sebagai syarat untuk mendapatkan manfaat dari program ini. Untuk nantinya manfaat yang akan peserta dapatkan dari program JKP yaitu, peserta akan mendapatkan sebagai berikut.

  • Uang tunai.
  • Pelatihan Kerja.
  • Informasi Pasar Kerja.

Untuk besaran uang tunai yang akan peserta dapatkan sebesar 45% dari upah 3 bulan pertama. Lalu 25% upah untuk 3 bulan berikutnya, upah tersebut akan di terima oleh peserta paling lama 6 bulan. Untuk syarat sebagai peserta pada program JKP, sebagai berikut.

Syarat Sebagai Peserta JKP.

Untuk tenaga kerja yang mengalami PHK, dan terdaftar sebagai peserta pada program JKP. Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, agar mendapatkan manfaat dari program JKP. Sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia dan Aktif terdaftar sebagai peserta jaminan sosial. Untuk usaha makro atau badan usaha mendaftarkan pekerjanya pada program jaminan seperti. JKN, JKK, JHT, JP dan JKM. Lalu untuk usaha mikro minimal pekerja terdaftar sebagai peserta pada program JKN, JKK, JHT dan JKM.
  • Belum berusia 54 tahun, dan memiliki perjanjian hubungan kerja berdasarkan. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu.
BACA JUGA  Beberapa Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Berlibur Di Kuningan

Kesimpulan.

Demikian ulasan singkat mengenai. Apa Saja Manfaat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Dengan adanya program ini sehingga pekerja yang mengalami PHK mendapatkan jaminan dari program JKP. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *