Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Terjadi ?

KNGInfo.com – Kejadian gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk diwilayah kabupaten kuningan ini. Kabupaten Kuningan memang jauh dari bibir pantai, hal tersebut yang membuat wilayah kuningan tidak akan terkena dampak tsunami. Apabila sebuah gempa besar terjadi atau melanda wilayah kuningan. Akan tetapi dampak gempa tidak hanya membuat tsunami, bisa saja bangunan ataupun hal lainnya roboh dan menimpa kita.

Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika gempa bumi terjadi. Terutama diwilayah kabupaten kuningan :

1. Jika Berada Didalam Rumah

Jika ketika gempa terjadi anda sedang berada didalam rumah, berusahalah untuk menyelematkan keluarga anda. Berlindunglah dibawah meja agar tubuh anda tidak tertimpa benda-benda yang berjatuhan. Berusahalah melindungi kepala anda dengan apa saja, contohnya saja dengan bantal, papan ataupun hal lainnya yang menurut anda bisa melindungi kepala anda dari benda-benda yang berjatuhan.

2. Jika Berada Diluar Rumah

Merunduk dan lindungilah kepala anda, lalu bergeraklah menjauh dari gedung ataupun bangunan yang sekiranya bisa roboh dan menimpa diri anda. Jangan melakukan tindakan apapun, sebelum keadaan disekitar anda benar-benar aman.

3. Jika Berada Dipusat Perbelanjaan Atau Tempat Umum Lainnya

Ketika anda sedang berada dipusat perbelanjan ataupun tempat umum lainnya, berusahalah untuk tetap dalam keadaan tenang. Ikutilah petunjuk dari satuan pengamanan ( satpam ) ataupun petugas penyelamat. Jangan pernah menggunakan lift ketika gempa terjadi, gunakanlah tangga darurat untuk menuju tempat terbuka.

4. Jika Berada Didalam Kendaraan

Berpeganganlah dengan erat kepada apapun yang bisa anda pegang ketika sedang didalam kendaraan. Berusahalah untuk tetap dalam keadaan tenang, mintalah pengemudi kendaraan untuk berhenti. Dan setelah itu bergeraklah ke wilayah atau tempat terbuka.

5. Jika Berada Digunung Atau Pantai

Gempa bumi bisa saja menimbulkan longsoran tanah ataupun adanya tsunami ditepi pantai. Jika anda sedang berada digunung bergeraklah ke tempat yang menurut anda aman dan tidak akan terjadi longsoran. Sedangkan jika anda sedang berada di pantai bergeraklah ke dataran tinggi agar anda aman.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika gempa bumi terjadi. Intinya tetap tenang dan jangan langsung panik. Karena panik bisa membuat keadaan malah semakin kacau dan gak karuan.