Balong Keramat Darmaloka, Wisata Di Daerah Kuningan Selatan | Pinjaman online kuningan info

Balong Keramat Darmaloka, Wisata Di Daerah Kuningan Selatan

KNGInfo.com – Daerah kuningan selatan ternyata tidak hanya terdapat objek wisata waduk darma saja. Tapi masih banyak juga objek wisata lainnya yang wajib untuk anda kunjungi. Salah satunya masih terletak di wilayah darma, yakni balong keramat darmaloka. Objek wisata balong keramat darmaloka ini merupakan salah satu saksi bisu peninggalan pada masa walisongo.

Disini para pengunjung bisa menikmati keindahan darmaloka dengan rindangnya pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Dimana luas darmaloka sendiri kurang lebih seluas 3 hektar. Balong keramat ini terdiri dari beberapa balong, yaitu balong ageung, balong bangsal, balong beunteur, balong kembang dan juga sumber air cibinuang.

Objek wisata darmaloka ini hampir sama dengan objek wisata lainnya di kuningan, seperti di cibulan dan juga di cigugur. Dimana kita nantinya bisa melihat ikan kancra bodas atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan dewa. Akan tetapi disini airnya sedikit keruh berbeda halnya dengan objek wisata cibulan. Ikan dewa disini ditempatkan di balong dengan luas kurang lebih 700 meter persegi.

Foto : www.radarcirebon.com

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, selain wisata alam di objek wisata darmaloka juga merupakan objek wisata religi. Dimana memang dulunya dikawasan ini dijadikan sebagai tempat atau bekas peninggalan jaman walisongo ketika menyebarkan agama islam di wilayah kuningan.

Didalamnya, anda akan melihat makam syech rama haji irengan, dimana menurut kabar beliau adalah salah satu orang yang ditugaskan oleh walisongo untuk penyebaran agama islam di wilayah kuningan. Penduduk sekitar darmaloka pun percaya bahwa syech rama haji irengan membuat balong keramat ini hanya dalam tempo semalam saja.

Selain terdapat makam syech rama haji irengan, didalam area balong keramat juga ada petilasan atau makam yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Diantaranya adalah makam aria salingsingan, mbok bukit serta makam penari ronggeng sari kembang – sari kuning.

Pengunjung yang datang ke objek wisata balong keramat ini, selain untuk berwisata dan menikmati keindahan dari balong keramat ataupun ikan keramatnya. Banyak juga pengunjung yang berziarah ke makam atau petilasannya. Biasanya yang datang untuk berziarah itu datangnya pada malam jum’at kliwon mulai pukul 12 malam sampai dengan pukul 3 pagi menjelang subuh.

Sekedar informasi balong keramat ini letaknya tidak terlalu jauh dari objek wisata waduk darma sekitar kurang lebih 1 km. Untuk anda yang berangkat dari arah kota kuningan, lokasi objek wisata balong keramat darmaloka berada di kanan jalan setelah tugu desa darma.

Sedangkan bagi anda yang menuju balong keramat darmaloka dari arah cikijing, letaknya berada di kiri jalan. Setelah tikungan dan sebelum tugu yang menuju desa darma.

Alamat Objek Wisata Balong Keramat Darmaloka :

Alamat : Jl. Raya Kuningan-ciamis, Desa Darma ( sesudah tugu yang menuju desa darma ) Kabupaten Kuningan.

Jam Buka :

Untuk jam bukanya sendiri, biasanya mulai pukul 08.00 wib sampai dengan sore hari sekitar pukul 15.30 wib.

Harga Tiket Masuk :

Rp. 5.000,- / orang.

Incoming search terms:

  • Arya salingsingan darmaloka
  • petilassn wadukdarma