Bayar Tol dengan Smart SIM? Ini Cara Aktivasi dan Isi Ulang Smart SIM

  • 2 min read
  • Jul 12, 2021
Bayar Tol dengan Smart SIM? Ini Cara Aktivasi dan Isi Ulang Smart SIM

KNGInfo.comBayar Tol dengan Smart SIM? Ini Cara Aktivasi dan Isi Ulang Smart SIM – Smart SIM atau SIM versi terbaru yang kamu punya, ternyata bisa untuk membayar transaksi seperti bayar belanjaan, pembayaran tol hingga denda tilang. Namun sebelumnya, kamu perlu melalukan aktivasi dan isi ulang kartu Smart SIM kamu. Dan untuk itu, postingan kali ini akan membahas cara aktivasi dan isi ulang Smart SIM. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Smart SIM?

Smart SIM ini sebenarnya sudah ada sejak September 2019 yang mana merupakan inovasi dari Korlantas Polri untuk pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Smart SIM ini memiliki banyak kegunaan, seperti untuk membayar tol ataupun belanja layaknya uang elektronik. Namun untuk saat ini, Smart SIM hanya bisa diisi dengan saldo maksimal Rp.2 juta saja.

Pada dasarnya, Smart SIM ini memiliki tiga fungsi yakni sebagai data diri pemilik SIM, mencatat data pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik. Adanya fitur canggih pada Smart SIM membuat semua data pelanggaran hingga data kecelakaan si pengguna bisa terlihat dari aplikasi Smart SIM online. Sehingga dengan begitu, pemilik SIM tak perlu lagi repot datang ke kantor polisi dan cukup mengunduh dan menggunakan aplikasi Smart SIM.

Cara Aktivasi Smart SIM

Sebelum bisa menggunakan Smart SIM sebagai e-money atau uang elektronik, kamu perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Kamu bisa mengaktifkan Smart SIM menjadi e-money dengan mendaftarkan kartunya terlebih dahulu di perbankan, bisa melalui BRI, BNI hingga Mandiri.

Cara Isi Saldo Smart SIM

Setelah aktivasi Smart SIM kamu telah berhasil maka selanjutnya kamu perlu top up atau mengisi saldo yang bisa kamu lakukan melalui ATM baik itu BRI, BNI ataupun Mandiri dengan batas maksimum saldo Rp. 2 juta. Adapun cara isi saldo Smart SIM adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke mesin ATM BRI, BNI atau Mandiri terdekat lalu masukkan kartu beserta PIN seperti biasa.
  • Kemudian, jika kamu menggunakan BNI maka pilih menu “BNI TapCash”, jika Mandiri pilih menu “Mandiri e Money” dan jika BRI pilih menu “eMoney” lalu “Brizzi”.
  • Masukkan nominal isi ulang dan khusus untuk BNI kamu pilih menu “Tabungan” setelag memasukkan jumlah nominal isi ulang.
  • Tempelkan kartu Smart SIM kamu ke tempat yang telah disediakan mesin ATM hingga transaksi sukses.
  • Setelah transaksi kamu berhasil maka struk akan keluar dari mesin ATM dan saldo Smart SIM kamu pun bertambah.
  • Selesai, dengan begitu Smart SIM kamu sudah bisa kamu gunakan untuk membayar tol, parkir hingga denda tilang.

Itulah ulasan mengenai cara aktivasi dan isi saldo Smart SIM yang bisa kamu gunakan. Bagaimana? Sangat mudah, bukan?

BACA JUGA  Daftar Bimbel Online Untuk Persiapan Tes CPNS 2021
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *