Beberapa Negara Yang Menggunakan Vaksin Sinovac | Pinjaman online kuningan info

Beberapa Negara Yang Menggunakan Vaksin Sinovac

KNGInfo.comBeberapa Negara Yang Menggunakan Vaksin Sinovac. Adanya Covid-19 yang menyebar diberbagai daerah saat ini, membuat pemerintah terus bekerja keras untuk memutuskan rantai penyebarannya. Mulai dari memberlakukan Work From Home atau bekerja dari rumah, protokol kesehatan yang hingga kini masih wajib untuk ditaati hingga membeli vaksin yang akan dibagikan secara gratis untuk masyarakatnya.

Sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia pun memulai program vaksinasi yang mana menggunakan vaksin Sinovac buatan China. Dan ternyata, selain Indonesia , ada beberapa negara lain yang juga menggunakan vaksin Sinovac ini. Negara mana sajakah? Berikut ulasannya.

Beberapa Negara Yang Menggunakan Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac atau CoronaVac merupakan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi China, Beijing, Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan ini berfokus pada bidang riset, pengembangan, pembuatan dan komersialisasi segala vaksin untuk mencegah penularan pada manusia.

Dalam pembuatan CoronaVac ini, peneliti Sinovac mengambil sampel virus CoronaVac dari pasien yang ada di China, Italia, Inggris, Swiss hingga Spanyol. Dan satu sampel dari China yang akhirnya menjadi dasar dalam pembuatan vaksin ini. Vaksin Sinovac bekerja dengan membuat antibodi menempel pada protein virus untuk sekaligus melawan virus.

Beberapa data yang ada, edukasi vaksin ini lebih rendah jika bandingkan dengan vaksin Pfizer yang mencapai 90 %,  vaksin Moderna 95 % ataupun vaksin AstraZeneca yang berkisar 60 hingga 90 %. Karena vaksin Sinovac telah terbukti dalam uji klinis hanya mencapai 65,3 %. Dan WHO telah mensyaratkan efikasi yang penyetuannya hanya sebesar 50 %.

Beberapa Negara Yang Menggunakan Vaksin Sinovac

Dengan perbandingan tersebut, membuat beberapa negara lain juga memilih vaksin ini untuk digunakan sebagai salah satu pencegahan virus Covid-19. Dan berikut beberapa negara yang menggunakan vaksin Sinovac:

  1. China
BACA JUGA  Pentingnya Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

Negara asal virus Covid-19 ini juga menggunakan virus Sinovac untuk mengatasi penyebaran virus. Bahkan sudah 9 juta dosis yang disuntikkan pada kelompok beresiko tinggi sejak Agustus kemarin.

  1. Brasil

Negara yang turut menjadi tempat uji klinis III vaksin Sinovac ini telah menerima 120 ribu dosis pertama pada pertengahan November 2020 kemarin. Dan hingga kini Brazil masih melakukan pengujian vaksin Sinovac ini untuk mengetahui seberapa efektifnya dalam pencegahan penularan Covid-19.

  1. Turki

Akhir Desember kemarin, Kementerian Kesehatan Turki mengumumkan rencana penggunaan Sinovac dan telah memesan sebanyak 50 juta dosis vaksin Sinovac.

  1. Indonesia

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang menggunakan vaksin Sinovac dan sudah mendatangkan 3 juta dosis dalam bentuk jadi dan 15 juta bahan baku. Bahkan pada Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi Presiden dan orang pertama pada negara Indonesia yang menerima suntik vaksin Sinovac ini.

Itulah beberapa negara yang menggunakan vaksin Sinovac buatan China. Semoga dengan adanya vaksin ini bisa segera memutuskan penyebaran dari virus Covid-19 yang hingga kini kasusnya masih terus bertambah.