Begini Cara Mendapatkan EFIN Untuk Mengurus Perpajakan

KNGInfo.com – Membayar pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Baik itu bagi anda sebagai wajib pajak perorangan ataupun wajib pajak perusahaan. Karena, dengan membayar pajak tepat waktu tentu itu akan membuat pembangunan infrastruktur semakin merata. Namun, masih banyak masyarakat wajib pajak yang tidak melakukan kewajibannya yakni membayar pajak.

Bisa jadi hal tersebut dikarenakan jauhnya rumah ke kantor pajak ataupun faktor lainnya. Yang membuat anda sebagai wajib pajak tidak melakukan kewajiban anda yakni membayar pajak. Padahal pihak DJP selalu memberikan terobosan-terobosan ataupun inovasi terbaru. Untuk mempermudah masyarakat wajib pajak dalam membayar kewajibannya.

Salah satunya ialah perilah penyampaian Laporan SPT Tahunan ataupun transaksi lainnya. Yang tentunya bisa dilakukan secara online melalui website Direktorat Jenderal Pajak. Baik itu perihal e-billing, e-filling dan layanan lainnya yang bisa anda gunakan didalam website tersebut.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan EFIN dan mengaktifkannya di website Direktorat Jendral Pajak secara Online ?

Untuk mendapatkan EFIN, tentu sebelumnya anda harus sudah mendaftar dan mendapatkan NPWP. Setelah itu, yang harus anda lakukan ialah mendatangi kantor pajak di lokasi atau wilayah anda. Untuk KPP Pratama Kuningan berada di Jl. Aruji Kartawinata No. 29 Kuningan dengan No Telepon (0232) 875120.

  1. Siapkan fotocopy NPWP dan juga KTP yang anda miliki.
  2. Setelah itu datang ke Kantor Pajak diwilayah anda (untuk kuningan datang ke KPP Pratama Kuningan dekat dengan SMAN 2 Kuningan).
  3. Mintalah Form EFIN di loket resepsionis.
  4. Isilah Form EFIN tersebut, yang diisi hanya kolom A dan C saja. Yang meliputi Identitas Wajib Pajak serta Telepon dan Alamat Email aktif yang anda gunakan.

Jika semua persyaratan dan form pengajuan EFIN sudah lengkap. Selanjutnya anda akan diarahkan ke loket pengurusan EFIN dan yang lainnya. Setelah diloket tersebut anda berikan formulir efin tersebut beserta fotocopy KTP dan fotocopy NPWP anda kepada petugas. Hanya dalam hitungan menit saja anda sudah mendapatkan EFIN dan langkah selanjutnya anda tidak mendaftar di website DJP Online menggunakan EFIN tersebut.

Gambar Penerimaan EFIN yang diberikan oleh petugas Pajak KPP Pratama Kuningan

EFIN yang anda dapatkan sudah bisa langsung digunakan untuk melakukan transaksi elektronik dengan Dirjen Pajak. Untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, baik wajib pajak perorangan ataupun perusahaan. EFIN tersebut sudah diaktifkan oleh petugas pajak tadi, untuk selanjutnya digunakan pada saat pendaftaran pada layanan Elektronik di Direktoran Jenderal Pajak.

Ingat ! EFIN yang anda dapatkan tersebut sifatnya rahasia dan digunakan sebagai alat autentikasi. Wajib pajak berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan EFIN dari penggunaan yang tidak sah.

Cara Mendaftarkan Diri di DJP Online Menggunakan EFIN

Jika sebelumnya anda belum terdaftar, langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menuju menu registrasi. Dan tentunya melakukan pendaftaran menggunakan EFIN dan NPWP yang sudah anda miliki atau buat sebelumnya.

Gambar Proses Pendaftaran

Isi kolom NPWP dan EFIN yang sudah anda miliki serta isi kolom kode keamanan. Setelah itu klik tombol verifikasi. Maka anda akan dikirim email aktivasi (dikirim ke email yang sebelumnya anda isi di formulir efin). Jika sudah ada email aktivasi dan anda klik linknya, maka otomatis anda sudah bisa menggunakan layanan di DJP Online tersebut.

Jika sudah, anda hanya diminta untuk memasukkan pasword yang anda inginkan. Jika sudah memasukkan pasword, itu berarti anda sudah bisa melakukan beberapa transaksi elektronik dengan DJP melalui website tersebut. Berikut adalah contoh gambar jika anda sudah berhasil login di website DJP Online.

Gambar Tampilan Depan Setelah Berhasil Login

Itulah cara mudah untuk memperoleh EFIN dan mendaftarkannya didalam website Direktorat Jenderal Pajak. Jika ada hal yang kurang dipahami bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar. Dan secepatnya akan admin jelaskan didalam kolom komentar tersebut dan semoga membantu.

Alamat KPP Pratama Kuningan :

Jl. Aruji Kartawinata No. 29 Kuningan

Telepon : (0232) 875120