Begini Cara Menghindari Hujan Abu Vulkanik

KNGInfo.com – Hujan Abu Vulkanik merupakan salah satu akibat dari adanya letusan gunung berapi. Abu Vulkanik terdiri atas partikel besar partikel berukuran halus. Istilah abu vulkanik sendiri digunakan untuk material ketika sedang berada diudara. Dimana setelah material tersebut jatuh ketanah, biasanya akan terlitifikasi menjadi batuan atau lumpur.

Hujan Abu Vulkanik ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Sejumlah masalah biasanya akan muncul ketika orang tersebut kejatuhan abu vulkani. Masalah hidung dan tenggorokan, batuk dan bronchitis dan ketidaknyamanan lainnya ketika kita bernafas.

Baraya wargi kuningan, yang geografisnya dekat dengan Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di jawa barat. Yang sewaktu-waktu bisa saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik tentu harus dihindari. Lantas bagaimana cara menghindari hujan abu vulkanik erupsi gunung api ? Berikut beberapa hal pentingnya.

  1. Kenakan pakaian dengan lengan panjang dan celana panjang, gunakan kacamata pelindung dan hindari lensa kontak.
  2. Gunakan masker debu atau pegang kain basah pada mulut dan hidung untuk membantu pernafasan.
  3. Jauhi daerah-daerah yang posisinya satu jurusan dengan arah angin dari gunung berapi untuk menghindari abu vulkanik.
  4. Tetap didalam ruangan sampai abu telah selesai kecuali ada bahaya atap rumah runtuh.
  5. Tutup pintu, jendela dan ventilasi dirumah.
  6. Bersihkan abu yang berat dari atap yang datar atau rendah dan talang hujan.
  7. Hindari berkendara. Mengemudi dapat membangkitkan abu vulkanik yang dapat menyumbat mesin, merusak bagian yang bergerak.
  8. Basahi sebelum membersihkan lingkungan dari abu vulkanik, untuk menghindari berbagai partikular yang terbang dan mengakibatkan iritasi.
  9. Simpan persediaan perawatan medis bila perlu, carilah bantuan medis bila ada dampak kesehatan yang dirasakan.

Itulah beberapa langkah yang harus baraya lakukan jika terjadi hujan abu vulkanik. Yang diakibatkan karena adanya erupsi gunung berapi, terlebih lagi kabupaten kuningan dekat dengan gunung berapi ciremai. Yang merupakan gunung berapi tertinggi di jawa barat.

Harap selalu perhatikan arahan dari petugas lapangan, jika memang terjadi hujan abu vulkanik. Dan tetap berhati-hati dalam bertindak ketika memang hujan abu vulkanik sedang berlangsung.

Ilustrasi Gambar : KlikDokter