Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Dan Tarif Barunya Di Tahun 2020 | Pinjaman online kuningan info

Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Dan Tarif Barunya Di Tahun 2020

KNGInfo.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang biasa kita kenal sebagai BPJS Kesehatan akan menaikan tarif iurannya pada tahun 2020 mendatang. Tarif iuran peserta BPJS Kesehatan memang baru akan berlaku pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut dilatarbelakangi karena sampai dengan saat ini (November 2019) BPJS Kesehatan terus mengalami defisit dalam hal keuangan.

Dilansir dari berbagai sumber, sejauh ini defisit BPJS Kesehatan telah mencapai lebih dari Rp. 20 Triliun. Hal tersebut yang membuat pemerintah dan lembaga terkait sepakat untuk menaikan tarif semua kelas BPJS Kesehatan mulai tahun 2020. Dan berikut merupakan kenaikan yang terjadi disetiap kelas BPJS Kesehatan :

  • Kelas I : Dari Rp. 80.000,- menjadi Rp. 160.000,-
  • Kelas II : Dari Rp. 51.000,- menjadi Rp. 110.000,-
  • Kelas III : Dari Rp. 25.500,- menjadi Rp. 42.000,-

Jelas dengan terjadinya kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut masih banyak pro kontra dikalangan masyarakat. Bahkan mungkin akan banyak masyarakat selaku pengguna BPJS Kesehatan akan menurunkan kelasnya. Agar iuran yang dilakukan setiap bulannya tidak terlalu memberatkan, terlebih lagi bagi yang memiliki anggota keluarga cukup banyak.

Berikut merupakan syarat turun kelas kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri :

1. Syarat Perubahan Kelas Peserta Bukan Penerima Upah

Perubahan atau penurunan kelas peserta ini dapat anda lakukan setelah 1 tahun dan harus diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Peserta yang melakukan perubahan kelas perawatan, maka kelas perawatan yang baru akan berlaku mulai bulan depan.

2. Layanan Perubahan Kelas Rawat

Dalam hal ini, BPJS Kesehatan memiliki beberapa kanal atau layanan perihal proses pengajuan perubahan kelas rawat bagi peserta BPJS Kesehatan. Beberapa layanannya diantaranya ialah :

  • Aplikasi Mobile JKN.
  • Care Center BPJS.
  • Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten.

Cara Turun Kelas Rawat Melalui Aplikasi Mobile JKN

  1. Bagi anda yang ingin melakukan perubahan kelas rawat, instal terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN di smartphone yang anda miliki. Aplikasi tersebut bisa anda download di Playstore karena sudah tersedia disana.
  2. Buka Aplikasi tersebut dan pilih “Pendaftaran Penggunan Mobile” bagi anda yang belum mendaftar JKN Mobile. Dan klik Login bagi anda yang sudah mendaftar JKN Mobile.
  3. Masukkan Nomor Kartu BPJS, No NIK/KK dan informasi lainnya yang dibutuhkan.
  4. Dihalaman beranda aplikasi Mobile JKN, anda pilih menu “Ubah Data Peserta”
  5. Silahkan Pilih Kelas yang anda inginkan.

Jika semua proses diatas telah selesai anda lakukan, langkah berikutnya ialah dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di No 1500 400 untuk selanjutnya menyampaikan proses perubahan data peserta yang dimaksud.

Melalui BPJS Kesehatan Care Center

  1. BPJS Peserta minimal harus terdaftar kurang lebih 1 tahun dalam kelas iuran.
  2. Status BPJS Kesehatan harus dalam keadaan aktif dan tidak terdapat tunggakan iuran.
  3. Apabila peserta melakukan perpindahan kelas pada bulan berjalan, maka perubahan baru akan dilakukan pada bulan berikutnya.
  4. Perubahan status kelas akan berlaku kepada semua anggota keluarga yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

Namun, jika anda ingin melakukan prosesi perubahan kelas rawat dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan justru itu akan lebih baik. Pasalnya disana nanti anda bisa menanyakan beragam hal yang belum anda pahami terkait perubahan kelas, cara pembayaran ataupun hal lainnya mengenai layanan BPJS Kesehatan.

Alamat Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Kuningan

Jl. Siliwangi No. 1 Rest Area Cirendang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Telp : (0232) 874467