Belajar Sejarah Di Situs Purbakala Cipari

KNGInfo.com – Bagi anda warga kuningan yang menyukai wisata sejarah, ada baiknya mengunjungi situs purbakala cipari. Situs purbakala cipari ini berada di desa cipari kecamatan cigugur kabupaten kuningan. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota kuningan.

Situs purbakala cipari sendiri terletak diketinggian sekitar 700 Mdpl. Awal mula diketemukannya situs purbakala cipari sendiri berawal pada tahun 1972 dengan identifikasi sebuah peti kubur batu. Dimana peti kubur batu tersebut merupakan salah satu ciri kehidupan pada zaman pra-sejarah.

Berdasarkan sejarah, taman situs purbakala cipari sendiri mengalami dua kali masa pemukiman. Yaitu masa pemukiman manusia akhir masa neolitik dan juga masa pemukiman awal pengenalan perunggu, yang berkisar antara tahun 500 – 1000 SM. Bukti-bukti masa peninggalannya dibuktikan dengan ditemukannya beberapa artefak di situs purbakala cipari. Baik itu berupa kendi, piring, beliung persegi, kapak perunggu dan manik-manik.

Itu semua hasil dari penggalian dua peti kubur. Dengan ditemukannya artefak yang tadi bisa disimpulkan bahwa situs purbakala cipari diduga berasal dari masa perundagian. Dimana merupakan masa transisi antara zaman megalitikum ke zaman perunggu.

Tentu hal ini akan sangat berguna, terlebih lagi bagi anda warga kuningan yang memang menyukai sejarah. Dengan berkunjung ke situs purbakala cipari maka anda akan mendapatkan sejarah mengenai zaman manusia pada masa tersebut.

Selain itu, di situs purbakala cipari juga terdapat taman yang cukup luas dan biasanya digunakan oleh sekolah sd maupun smp melakukan wisata sambil botram ( makan-makan ) dihalaman situs purbakala cipari. Untuk harga tiketnya sendiri cukup murah dan terjangkau serta terdapat beberapa fasilitas pelengkap lainnya.

Alamat Situs Purbakala Cipari :

Jl. Purbakala Cipari, Winduherang, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Buka setiap hari mulai jam 08.00 Wib sampai dengan jam 18.00 Wib.