Bentuk Pelanggaran Yang Terekam Oleh Tilang Elektronik ELTE

  • 2 min read
  • Mar 23, 2021
BENTUK PELANGGARAN YANG TEREKAM OLEH TILANG ELEKTRONIK ELTE

KNGinfo.com- Bentuk Pelanggaran Yang Terekam Oleh Tilang Elektronik ELTE. Untuk menertibkan pengendara kendaraan bermotor pada ruas jalan raya. Agar lebih mematuhi peraturan lalu lintas pada wilayah hukum Negara Indonesia. Dengan ini Korlantas Republik Indonesia memberlakukan sanksi pelanggaran kendaraan bermotor dengan tilang elektronik melalui ELTE.

Mengenal Tilang Eketronik ELTE ?

ELTE dengan artian Electronic Trafic Law Enforcement, merupakan penerapan tekhnologi yang saling berintegrasi. Menggunakan alat perekam kamera yang terpasang pada titik rawan akan pelanggaran lalu lintas. Yang akan merekam pelanggaran lalu lintas dari pengguna kendaraan bermotor lalu mengidentifikasi data diri pelanggar. Kemudian mengirimkan surat tilang atas sanksi pelanggaran lalu lintas sesuai alamat yang tertera pada Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK), surat tilang akan sampai sesuai dengan alamat pelanggar yang akan dikirimkan melalui Pos Indonesia.

Dengan pemberlakuan sistem tilang elektronik menggunakan ELTE. Yang bertujuan untuk menertibkan penggunan kendaraan bermotor untuk dapat tertib berlalu lintas. Serta memberikan transparan dalam penegakan pelanggaran lalu lintas. Pemberlakuan sistem tilang melalui ELTE ini sudah berlansung secara Nasional pada hari ini 23 Maret 2021.

Untuk kamu ketahui ada 12 Polda yang telah memberlakukan sistem tilang melalui ELTE pada hari ini. Serta berdasarkan informasi yang kami dapatkan melalui website Suara.com, ada 4 kamera yang terpasang untuk merekam dan mengindentifikasi pelanggaran yaitu Speedcam, Checkpointcam, Weight on motion dan E-police. Sementara ELTE juga dapat merekam dengan durasi waktu 10 detik, untuk memperlihatkan sebelum dan sesudah pelanggaran yang terjadi. Pelanggaran lalu lintas apa saja yang akan terekam melalui ELTE, sebagai berikut.

Jenis Pelanggaran Yang Akan Terekam Oleh Sistem ELTE.

Dengan mengetahui jenis- jenis pelanggaran yang akan terekam, agar kamu dapat lebih meperdulikan peraturan lalu lintas sebelum berkendara. Dengan menaati peraturan lalu lintas dapat mencegah terjadi nya laka lantas dan membuat selamat selama berkendara. Baiklah, berikut jenis pelanggaran lalu lintas yang akan terekam oleh sistem ELTE sebagai berikut.

BACA JUGA  Beberapa Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Berlibur Di Kuningan
  • Menggunakan Smarpthone Saat Berkendara.
  • Tidak Menggunakan Helm Saat Berkendara Menggunakan Sepeda Motor.
  • Tidak Memasang Safety Belt Dengan Benar Saat Berkendara.
  • Melanggar Rambu- Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan.
  • Menggunakan Plat Nomer Kendaraan Palsu.

Bagi pengendara yang terekam akan pelanggaran lalu lintas, akan terkena sanksi hukum yang sesuai dengan UU Nomer 22 Tahun 2009 tentang peraturan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kesimpulan.

Demikian ulasan singkat mengenai. Bentuk Pelanggaran Yang Terekam Oleh Tilang Elektronik ELTE. Yang telah berlaku mulai hari ini pada tanggal 23 Maret 2021. Untuk kamu agar berkendara lebih mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *