Berkunjung Ke Kuningan ? Jangan Lupa Mencoba Beragam Kulinernya

KNGInfo.com – Berbicara mengenai kabupaten kuningan tentu tidak akan ada habisnya. Selain kaya akan pesona wisata alamnya dan kemegahan dari gunung ciremai. Kuningan juga memiliki beragam kuliner yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kuningan. Khususnya para wisatawan yang sedang berlibur di kuningan. Berikut adalah beberapa kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kuningan :

Tape Ketan

Makanan khas kuningan ini terbuat dari beras ketan yang kemudian difermentasi menggunakan ragi. Dimana dalam prosesnya dibungkus menggunakan daun jambu air serta diberikan pewarna alami dari daun katuk.

Bahkan citarasa yang berbeda dan membuat tape ketan ini enak disantap berasal dari daun katuk tersebut. Tape ketan sendiri dibuat dari berbagai bahan alami dan tanpa sedikit pun menggunakan bahan-bahan kimiawi. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir untuk menikmati tape ketan khas kuningan. Tape ketan sendiri bisa tahan sampai dengan satu minggu lebih, dimana semakin lama disimpan maka tape ketan akan mengeluarkan air hasil fermentasi. Air tersebut bisa anda minum karena aman dan rasanya sangat manis.

Untuk tape ketan ini, anda bisa menemuinya disepanjang jalan dekat dengan bunderan cijoho kuningan. Ataupun bisa mendatangi langsung sentra tape ketan didaerah cibereum, kuningan.

Kupat Tahu

Hucap atau kupat tahu apabila orang kuningan menyebutnya adalah salah satu kuliner di kuningan. Kupat tahu kuningan ini bumbunya sangat kental dan juga tidak memakai toge. Kupat tahu kuningan hanya terbuat dari kupat yang dipotong-potong dan juga tahu serta diberikan bumbu kacang yang kental dan juga kecap.

Kupat tahu dikuningan yang sangat dikenal dan diburu adalah hucap tahu ma iroh. Hucap tahu ma iroh memang merupakan daya tarik sendiri bagi pecinta kuliner hucap tahu di kuningan.

Opak Ketan Bakar

Opak ketan bakar termasuk salah satu kudapan yang terbuat dari beras ketan dan terdiri dari tiga rasa yakni manis, asin dan gurih. Opak ketan ini dipanggang diatas bara api sedang.

Jeruk Nipis Peras ( Jeniper )

Jeruk nipis peras atau biasa dikenal jeniper oleh warga kuningan adalah salah satu minuman tradisional khas kuningan. Minuman jeniper ini khasiatnya sangat banyak bagi tubuh, tak heran setiap liburan banyak sekali wisatawan yang berburu minuman khas kuningan ini. Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup besar. Hal itu yang menjadikan jeniper diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke kuningan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi sanak saudaranya.

Tahu

Mungkin tahu merupakan kuliner yang bisa dibilang wajib ada apabila kita akan makan. Begitupun bagi wargi kuningan, tahu khas kuningan ini berbeda dengan tahu yang ada didaerah lainnya. Setiap musim liburan tiba, sentra tahun kuningan yang ada diwilayah jalan veteran selalu macet dan ramai. Karena memang diwilayah tersebut banyak penjual yang menjajakan tahu dan salah satu tahu yang paling dicari adalah tahu kopeci.