Cara Cek Halal MUI secara Online

  • admin
  • Jan 15, 2022
Cara Cek Halal MUI secara Online

KNGInfo.com – Masyarakat Indonesia diberi kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing, salah satunya agama Islam. Dan bagi yang beragama Islam diwajibkan untuk mengonsumsi produk halal. Oleh karena itu, produk yang beredar di pasaran saat ini harus memiliki logo halal. Seperti yang kita tahu bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim.

Meski sudah ada produk berlogo halal atau tempat yang mengantongi sertifikat halal dari MUI atau Majelis Ulama Indonesia dan kita masih ragu akan status kehalalannya, maka bisa cek secara online. Ya, kita bisa cek halal MUI secara online seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Mari, langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai cara cek halal MUI secara online berikut ini.

Cek Halal MUI

Sertifikat halal merupakan bentuk sertifikasi yang wajib dimiliki pengusaha di Indonesia agar bisa mengedarkan dan memasarkan produknya, baik itu produk makanan, obat, kosmetik, restoran dan lainnya. Untuk cek halal MUI pun sudah bisa kita lakukan secara online baik melalui aplikasi maupun situs resmi MUI.

Cara Cek Halal MUI secara Online

Berikut ada beberapa cara untuk cek halal MUI secara online yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

1. Menggunakan Aplikasi

Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi Halal MUI yang bisa kamu unduh melalui Play Store ataupun App Store. Aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk mengecek secara langsung status halal sebuah produk ataupun restoran yang bersertifikasi halal. Adapun cara cek halal MUI menggunakan aplikasi Halal MUI adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Halal MUI melalui Play Store ataupun App Store.
  • Jika sudah, buka dan tap menu “Cari Produk Halal” yang ada di halaman utama.
  • Kemudian masukkan nama produk atau bisa juga nama produsen yang ingin kamu cek status sertifikasi halalnya.
  • Selesai, kamu bisa melihat status sertifikasi halal produk yang kamu cari.

Selain cek halal menggunakan menu “Cari Produk Halal” secara manual, kamu juga bisa menggunakan menu “Scan Barcode” untuk cek dengan scan barcode yang ada pada produk.

2. Menggunakan Situs Resmi MUI

Jika kamu tidak ingin menambahkan aplikasi pada perangkat, kamu juga bisa menggunakan situs resmi MUI untuk cek halal produk yang kamu cari dengan cara berikut ini:

  • Buka situs halalmui.org menggunakan browser yang biasa kamu pakai.
  • Setelah itu, langsung saja ke menu “Cek Produk Halal” dan ketikkan nama produk atau nama produsen atau nomor sertifikat pada kolom yang ada dibawahnya.
  • Selanjutnya tap tombol “Cari”.
  • Selesai, dengan begitu kamu bisa lihat status produk yang kamu cari.

3. Menggunakan Whatsapp

Selain menggunakan aplikasi dan situs resmi MUI, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi chat yang pasti ada di smartphone kamu, yakni Whatsapp. Untuk cek halal MUI menggunakan Whatsapp kamu perlu menyimpan nomor Whatsapp LPPOM MUI dengan nomor 081196301696. Setelah itu kamu bisa chat nomor tersebut menggunakan Whatsapp untuk cek halal MUI produk yang kamu inginkan. Perlu diingat bahwa customer care LPPOM MUI hanya beroperasi setiap Senin sampai Kamis pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan Jumat pukul 19.00 hingga 17.00 WIB. Jadi pastikan kamu cek halal MUI menggunakan Whatsapp pada waktu tersebut.

4. Melalui Call Center

Terakhir adalah melalui Call Center dengan nomor 14056. Sayangnya untuk menggunakan cara ini kamu membutuhkan kuota pulsa agar bisa terhubung dengan layanan Call Center MUI.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA  Berlibur Dan Menginap Private Di Imah Kayu Homestay
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *