Cara Cek Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile

  • 2 min read
  • Nov 24, 2021
Cara Cek Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile

KNGInfo.com – Salah satu manfaat dari menggunakan aplikasi pengganti BPJSTKU yaitu Jamsostek Mobile adalah bisa mengecek Jaminan Pensiun tanpa harus ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui karena sebelumnya telah terbiasa dengan aplikasi BPJSTKU. Nah, jika kamu juga belum mengetahui caranya maka simaklah postingan ini yang mana akan membahas cara cek Jaminan Pensiun melalui aplikasi Jamsostek Mobile. Berikut ulasan selengkapnya.

Cek Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile

Sebagai ganti dari aplikasi BPJSTKU, Jamsostek Mobile atau JMO juga dibekali dengan fitur yang serupa dengan aplikasi sebelumnya. Sehingga dengan begitu, manfaatnya pun sama yakni untuk membantu peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mengecek saldo, pengajuan klaim, pengkinian data, simulasi Jaminan Pensiun dan lainnya tanpa perlu mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk bisa mengecek Jaminan Pensiun melalui aplikasi Jamsostek Mobile, pesera harus sudah terdaftar atau memiliki akun dan apabila sebelumnya sudah memiliki akun pada aplikasi BPJSTKU maka bisa menggunakan akun tersebut pada aplikasi Jamsostek Mobile.

Selain wajib memiliki akun, peserta yang ingin melakukan pengecekan Jaminan Pensiun melalui aplikasi Jamsostek Mobile juga harus terhubung dengan koneksi internet yang stabil, bisa menggunakan koneksi paket ataupun WiFi. Selanjutnya, pastikan juga kamu telah melengkapi data yang ada, mulai dari tanggal lahir, upah saat ini dan kenaikan upah dalam pertahunnya. Ini berfungsi sebagai pelengkap untuk memperkirakan saldo dana Jaminan Pensiun yang akan diterima peserta ketika memasuki masa pensiun.

Cara Cek Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile

Adapun cara untuk mengecek Jaminan Pensiun melalui aplikasi Jamsostek Mobile adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Jamsostek Mobile yang telah kamu pasang pada perangkat Android maupun iPhone kamu.
  • Masukkan email dan kata sandi akun kamu pada kolom yang ada lalu tap “Logjn”.
  • Selanjutnya pilih opsi “Program Lainnya” yang ada pada menu tampilan utama.
  • Kemudian tap opsi “Jaminan Pensiun”.
  • Pada tampilan berikutnya lanjutkan dengan tap “Simulasi”.
  • Masukkan informasi tanggal lahir, upah saat ini dan juga kenaikan upah dalam pertahun pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu tak “Hitung Simulasi” untuk mengecek Jaminan Pensiun yang akan kamu terima saat pengklaiman.
  • Selesai, kamu akan melihat informasi lengkap hasil perhitungan dari usia pensiun, masa iuran, tahun pensiun dan manfaatnya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara cek Jaminan Pensiun melalui aplikasi Jamsostek Mobile yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.

BACA JUGA  Bedanya BPJS Kesehatan dan KIS
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *