Cara Cek Pajak Kendaraan di Seluruh Samsat Indonesia secara Online

  • admin
  • Feb 06, 2022
Cara Cek Pajak Kendaraan di Seluruh Samsat Indonesia secara Online

KNGInfo.com – Sekarang ini, segala sesuatunya serba mudah yang mana untuk cek pajak kendaraan pun sudah bisa kita lakukan secara online. Ya, kita bisa cek terlebih dahulu berapa nominal pajak kendaraan yang harus kita bayar sebelum melakukan pembayaran. Nah, jika kamu berencana untuk membayar pajak kendaraan maka bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas cara cek pajak kendaraan di seluruh Samsat Indonesia secara online.

Cek Pajak Kendaraan di Seluruh Samsat Indonesia secara Online

Hampir semua transaksi bisa kita lakukan secara online, bahkan sekedar untuk mengecek pajak kendaraan pun sudah bisa kita lakukan secara online. Tentunya hal ini akan sangat membantu kita yang hendak membayar pajak kendaraan, karena dengan mengetahui berapa besaran pajak kendaraan kita sebelum membayar bisa membuat kita lebih mudah mempersiapkan dananya.

Cara Cek Pajak Kendaraan di Seluruh Samsat Indonesia secara Online

Kita pun bisa mengecek pajak kendaraan di seluruh Samsat yang ada di Indonesia baik melalui aplikasi, website maupun SMS. Dan untuk lebih jelasnya lagi, berikut cara cek pajak kendaraan di Semua Samsat Indonesia secara online.

1. Melalui Aplikasi

Untuk cara yang pertama ini cukup mudah karena hanya perlu mengunduh aplikasi Samsat melaluu Play Store ataupun App Store. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi E-Samsat yang telah kamu unduh.
  • Kemudian pilih wilayah kendaraan kamu.
  • Setelah itu, masukkan juga nomor plat kendaraannya.
  • Selesai, kamu tinggal menunggu munculnya informasi lengkap mengenai biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan yang kamu cek tersebut.

Melalui Website

Untuk yang tidak ingin menambahkan aplikasi pada perangkatnya maka bisa menggunakan website untuk cek pajak kendaraan secara online. Namun sebelumnya persiapkan dahulu identitas seperti nomor polisi bermotor dan NIK atau Nomor Identifikasi Kendaraan bermotor yang ada pada STNK. Dan pada umumnya setiap kantor Samsat di wilayah Indonesia mempunyai alamat website yang berbeda untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan, untuk masyarakat Kuningan bisa cek di website bapenda.jabarprov.go.id/infopkb.

  1. Melalui SMS

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak memerlukan aplikasi ataupun jaringan internet, yakni melalui layanan SMS Samsat. Caranya sebagai berikut:

  • Ketikkan Info (spasi) nomor polisi/kode plat nomor/kode seri plat motor/warna motor.
  • Selanjutnya kirim ke nomor 08112119211.
  • Selesai, kamu akan mendapatkan balasan SMS yang berisikan informasi lengkap terkait besaran pajak kendaraan yang harus kamu bayarkan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara cek pajak pada seluruh Samsat Indonesia secara online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA  Beberapa Solusi Tidak Bisa Mendaftar Akun TikTok
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *