Cara Cek Tilang Elektronik

  • admin
  • Mar 29, 2022
Cara Cek Tilang Elektronik

KNGInfo.com – Dengan kecanggihan teknologi saat ini, membuat polisi lalu lintas tidak perlu lagi kesulitan dalam melakukan tilang. Sebab sekarang ini sudah ada CCTV lalu lintas dan menyebabkan pemberlakuan tilang elektronik. Lalu, bagaimana cara untuk mengecek tilang elektronik tersebut? Berikut ulasan mengenai cara cek tilang elektronik yang patut untuk kamu simak.

Apa itu Tilang Elektronik?

E-Tilang atau tilang elektronik merupakan satu kebijakan baru dalam bidang lalu lintas dimana pemberitahuan pelanggaran dilakukan melalui pesan elektronik ataupun langsung diantarkan ke rumah pelanggar. Sistem E-Tilang ini bekerja menggunakan CCTV yang menangkap segala bentuk pelanggaran lalu lintas. Nantinya bukti-bukti pelanggaran tersebut akan dikirimkan ke petugas yang berwenang.

Ada beberapa pelanggaran yang masuk di dalamnya, yakni pengguna jalan yang mengganggu konsentrasi seperti bermain HP, kemudian pengguna jalan yang tidak menggunakan alat pelindung kepala atau helm hingga pengguna mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Cara Cek Tilang Elektronik

Dengan adanya E-Tilang, kita sebagai masyarakat juga perlu mengetahui cara untuk mengeceknya karena bisa saja kemudian hari kita yang menerima surat E-Tilang tersebut.

  1. Cek Laman E-Tilang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika mendapatkan surat E-Tilang adalah dengan mengecek kebenarannya. Jangan sampai kamu dimanfaatkan oleh oknum nakal yang mengambil keuntungan pribadi. Kamu bisa cek surat E-Tilang kamu di laman cektilang.com untuk masyarakat Kuningan, Jawa Barat.

  1. Periksa Pelanggaran

Setelah berhasil masuk, pastikan untuk cek data mulai dari plat nomor kendaraan ataupun nomor rangka hingga pelanggaran yang kamu lakukan. Jika benar kamu melakukan pelanggaran maka kamu bisa melihat rinciannya dari lokasi, waktu kejadian hingga tipe kendaraan dan status pelanggaran.

  1. Lakukan Pembayaran Denda

Jika memang kamu melakukan pelanggaran, maka artinya kamu harus membayar denda sesuai dengan yang tertulis di surat E-Tilang tersebut.

  1. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran denda, kamu harus menyimpan struk pembayaran tersebut. Karena struk pembayaran tersebut merupakan barang bukti valid jika telah melakukan pembayaran.

Akhir Kata

Demikianlah cara cek tilang elektronik yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan dengan informasi ini bisa membantu kamu yang sedang membutuhkannya. Selamat mencoba.

BACA JUGA  Tips Pesta Belanja Online 11.11
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *