Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan | Pinjaman online kuningan info

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

KNGInfo.com – Bagi peserta BPJS Kesehatan, wajib untuk membayar iuran setiap bulannya. Jika tidak, maka kepesertaannya akan diblokir hingga peserta melunasi semua biaya tunggakannya. Dan bagi kamu yang sedang mencari cara untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan, postingan kali ini akan membantu. Karena kita akan membahas cara cek tunggakan BPJS MANDIRI Kesehatan. Simak ulasan selengkapnya.

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan, yakni:

1. Melalui Aplikasi

Cara yang pertama adalah melalui aplikasi. Ya, kita bisa mengunduh atau mendownload aplikasi mobile JKN pada smartphone untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan. Jika sudah mendownload aplikasi tersebut, kita bisa melakukan registrasi menggunakan nomor kartu BPJS beserta alamat email.

Setelah melalukan registrasi, maka loginlah menggunakan data yang kita daftarkan tersebut. Lalu masuk ke beranda dan pilih menu Tagihan dilanjutkan dengan memilih menu Premi. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan informasi mengenai tagihan BPJS Kesehatan kita.

2. Melalui Website

Cara selanjutnya adalah melalui website resmi BPJS Kesehatan, yaitu daftar.bpjs-kesehatan.go.id. buka website tersebut pada browser yang biasa kamu gunakan dan isi semua data. Adapun data yang diminta adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir serta angka validasi dan klik “cek” maka data pembayaran pun akan keluar.

Kamu juga bisa melihat informasi lainnya seperti nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut bergabung, hingga status aktif dan tidaknya. Dan untuk jumlah tagihan yang harus dibayarkan, kamu bisa melihatnya pada sisi bagian kanan laman.

3. Melalui SMS

Terakhir adalah cara yang bisa kamu gunakan jika tidak memiliki kuota internet, yakni melalui SMS. Kamu bisa mendapatkan informasi tagihan BPJS Kesehatan kamu dengan mengirimkan SMS yang berisikan teks “NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan atau NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan”, lalu kirimkan ke layanan BPJS dengan nomor 08777 5500 400.

BACA JUGA  Cara Untuk Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan. Mudah bukan? Pastikan kamu membayar iuran tiap bulannya agar mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis baik di klinik maupun rumah sakit. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini.