Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Tanpa Ke Kantor BPJS | Pinjaman online kuningan info

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Tanpa Ke Kantor BPJS

KNGInfo.comCara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Tanpa Ke Kantor BPJS. Pemerintah telah melaksanakan program kesehatan yang biasa kita kenal dengan BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sejak 1 Januari 2014 dan program ini wajib pun wajib untuk diikuti semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali. BPJS juga telah menerapkan sistem baru sejak Juni 2019, salah satunya untuk mencetak kartu secara online. Dan berikut penjelasannya.

Kegunaan Mencetak Kartu BPJS

Sebagai tanda bukti seseorang merupakan pesertanya, BPJS Kesehatan telah menyiapkan dan memberikan kartu untuk mempermudah kita dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Dan kartu BPJS ini juga wajib di bawa saat hendak berobat atau menggunakan fasilitas kesehatan sebagai alat untuk bertransaksi karena pada kartu BPJS terdapat kode barcode berisikan identitas peserta.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Tanpa Ke Kantor BPJS

Biasanya saat kartu BPJS Kesehatan hilang ataupun rusak, kita akan melakukan pengaduan ke kantor BPJS untuk kembali mencetak ulang kartu. Namun sekarang ini, kita tidak perlu lagi jauh – jauh pergi ke kantor BPJS untuk mencetak kartu karena telah tersedia e-ID atau elektronik identitas  yang dapat dicetak secara online. Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online adalah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu Aplikasi BPJS Kesehatan yang telah terinstall pada perangkat kamu.
  • Kemudian login menggunakan nomor peserta BPJS kamu atau alamat email yang kamu gunakan sewaktu mendaftar BPJS online.
  • Jika sudah login, kamu bisa langsung memilih menu “Kartucara cetak kartu bpjs sendiri”.
  • Setelah itu kamu pilih peserta BPJS yang kartu e-idnya ingin kamu cetak.solusi kartu bpjs hilang
  • Selanjutnya pilih email untuk menerima file kartu BPJS yang akan dicetak. Jika ada muncul pertanyaan untuk Mengiri Kartu E-ID Ke Email Anda, kamu tinggal klik “YA” maka .cara cetak kartu bpjs sendiri
  • Kemudian buka email kamu untuk memeriksa apakah file kartu BPJS yang kamu minta telah dikirimkan, jika sudah kamu bisa langsung mengunduhnya.
  • Langkah terakhirnya kamu bisa langsung mencetak kartu BPJS tersebut.
BACA JUGA  Trik Lolos CPNS 2021

Itulah cara yang dapat kamu gunakan untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online dan tentunya tanpa harus ke kantor BPJS. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini. Selamat mencoba.