Cara Daftar KIS Secara Online

  • admin
  • Mar 30, 2022
Cara Daftar KIS Secara Online

KNGInfo.com – Pemerintah telah menyediakan program layanan kesehatan untuk masyarakat yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan, yaitu KIS atau Kartu Indonesia Sehat. Untuk mendaftar sebagai peserta KIS pun, masyarakat bisa melakukannya dengan mudah secara online. Nah, bagi kamu yang ingin mendaftar namun tidak tahu caranya maka silahkan simak ulasan kali ini yang akan membahas cara daftar KIS secara online.

Daftar KIS Secara Online

Dengan menjadi peserta KIS, masyarakat bisa mendapatkan banyak manfaat dana bentuk jaminan kesehatan. Khususnya untuk masyarakat PMKS atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Bisa mengajukan pembuatan KIS secara online guna mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah. Untuk mendaftar KIS secara online pun sangat mudah dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone dan pastinya akan lebih hemat waktu karena kita tidak perlu mengantri mengurusnya langsung di kantor BPJS Kesehatan.

Cara Daftar KIS Secara Online

Pendaftaran KIS secara online bisa dilakukan menggunakan layanan Pandawa atau Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp. Kita hanya perlu menghubungi Whatsapp Chika di nomor 0811 8750 400 atau bisa juga melalui BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sebelumnya, kamu perlu menyimpan nomor Whatsapp Chika terlebih dahulu pada ponsel kamu.
  • Jika sudah, maka langsung saja buka aplikasi Whatsapp dan kirim pesan ke nomor Chika yang sudah kamu simpan sebelumnya dengan isi pesan “Pandawa”.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memilih provinsi dan juga kabupaten yang sesuai dengan alamat yang ada pada data kependudukan atau KTP kamu.
  • Setelah itu akan ada balasan pesan yang berisikan nomor Pandawa yang sesuai dengan alamat KTP kamu.
  • Simpan nomor Pandawa tadi dan buka kembali Whatsapp kamu lalu kirim pesan ke nomor Pandawa tersebut. Tulis dengan format nama pelapor-nama peserta yang akan didaftarkan-nomor BPJS Kesehatan atau nomor KTP-nomor HP peserta-nomor kode layanan. Untuk pendaftaran peserta baru, kamu bisa masukkan kode A.
  • Kirim pesan dan setelah itu kamu akan dihubungi pihak Pandawa, paling lama 60 menit setelah pengiriman pesan.
  • Kamu juga akan diminta beberapa syarat seperti foto selfie pemohon memegang KTP dan juga mengisi formulir.
  • Jika semua syarat telah kamu kirimkan, maka pengajuan pembuatan KIS kamu akan langsung diproses.

Akhir Kata

Demikianlah cara daftar KIS secara online yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.

BACA JUGA  Prosedur Menggunakan Layanan Psikolog BPJS Kesehatan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *