Cara Daftar PKH 2021 dan Cara Cek Bansos | Pinjaman online kuningan info

Cara Daftar PKH 2021 dan Cara Cek Bansos

KNGInfo.comCara Daftar PKH 2021 dan Cara Cek Bansos. Salah satu bansos yang masih berlanjut pada tahun ini adalah  PKH atau Program Keluarga Harapan. Dan masih ada kesempatan bagi kamu yang belum dan ingin mendaftar PKH ini. Berikut ulasan lengkao mengenai cara mendaftar PKH dan juga cara untuk mengecek bansos.

Program Keluarga Harapan

Pemerintah telah menetapkan beberapa bantuan sosial yang akan terus berlanjut pada tahun 2021 ini, seperti PKH atau Program Keluarga Harapan. Melalui Kementrian Sosial, pemerintah menyalurkan program yang dikhususkan untuk Keluarga Miskin ini mulai Senin, 4 Januari 2021 kemarin.

Program ini juga merupakan akses Keluarga Miskin dalam memanfaatkan fasilotas layanan kesehatan dan layanan pendidikan yang ada. Selain itu, PKH juga mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dalam mempertahankan kesejahteraan sosial.

PKH akan diberikan selama 1 tahun dalam 4 tahap dan cair pada seyiap 3 bulan sekali dengan tahap pertama dimulai pada bulan Januari, tahap kedua pada bulan April, tahap ketiga pada bulan Juli dan tahap terakhir pada bulan Oktober 2021 dengan besaran dana yang beeaham karena diseuaikan dengan kategori anggota keluarga.

Besaran Bantuan PKH 2021

Berikut besaran bantuan PKH untuk tahun 2021 ini:

1. Untuk ibu hamil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp.750.000 pertiga bulan.

2. Untuk anak usia dini (0 – 6 tahun) akan mendapatkan sebesar Rp.750.000 pertiga bulan.

3. Untuk anak SD sederajat akan mendapatkan sebesar Rp.225.000 pertiga bulan.

4. Untuk anak SMP sederajat akan mendapatkan sebesar Rp.375.000 pertiga bulan.

5. Untuk anak SMA sederajat akan mendapatkan sebesar Rp.498.000 pertiga bulan.

6. Untuk penyandang disabilitas akan mendapatkan sebesar Rp.600.000 pertiga bulan.

BACA JUGA  Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021

7. Untuk usia lanjut akan mendapatkan sebesar Rp.600.000 pertiga bulan.

Syarat Mendapatkan BLT PKH 2021

Ada beberapa syarat untuk mendapatkan BLT PKH ini, yakni merupakan warga miskin, merupakan anggota KPM PKH yang tergraduasi, memiliki usaha dengan jenis kuliner,pedagang, penjahit,peternak, dan pertanian.

Cara Mendaftar PKH 2021

Untuk mendaftar BLT PKH ini, kita wajib melapor pada aparat desa untuk pendataan dan melakukan verifikasi agar terdaftar pada DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dan kemudian, akan mendapatkan KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera yang menjadi alat transaksi cetak.

Cara Cek Penerima Bansos

Untuk mengecek penerima bansos, kita bisa mengakses dtks.kemensos.go.id dan mencari informasi yang kita butuhkan dengan memasukkan ID Kepesertaan DDTKS

Itulah ulasan mengenai cara daftar PKH 2021 dan cara cek bansos 2021. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.