Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Untuk yang Status PBInya Dicabut | Pinjaman online kuningan info

Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Untuk yang Status PBInya Dicabut

KNGInfo.comCara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Untuk yang Status PBInya Dicabut. Kesehatan adalah hal yang sangat mahal dalam kehidupan, untuk itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih mudah mendapatkan pelayanan khususnya pada bidang kesehatan ini. Pemerintah kita juga sudah menyediakan progam kesehatan yang bisa diikuti semua masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan secara mudah dan juga harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan, yaitu BPJS kesehatan.

Namun sayangnya, sejak 1 Agustus 2019 pemerintah telah menonaktifkan sedikitnya 5,2 juta peserta yang masuk dalam kelompok PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang merupakan program JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. Sehingga mereka yang ingin bergabung dengan BPJS kesehatan harus kembali mendaftar ulang.

Beberapa Alasan Pencabutan BPJS Kesehatan

Pada dasarnya, peserta PBI – JKN ini merupakan peserta dari BPJS Kesehatan yang untuk iurannya menjadi tanggungan negara. Yang biasanya juga merupakan masyarakat miskin yang telah ditetapkan pemerintah dan juga berdasarkan peraturan pemerintah. Dan alasan BPJS Kesehatan mencabut kepesertaan mereka karena:

  • Adanya sekitar 5,1 juta peserta yang memiliki Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang tidak valid dan tidak pernah menggunakan layanan PBI BPJS sejak 2014.
  • Adanya sekitar 114 ribu peserta PBI yang sudah meninggal, kenaikan status dari masyarakat miskin menjadi kelas menengah hingga adanya data yang ganda.

Cara Mengecek Status Kepesertaan PBI

Untuk itu, beberapa orang yang status kepesertaannya telah dicabut harus mendaftar ulang kembali agar bisa bergabung dengan program BPJS kesehatan tanpa status penerima PBI. Dan mendaftar kembali sebagai anggota BPJS, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu status kepesertaan PBI kamu dengan beberapa cara berikut:

BACA JUGA  Daftar Faskes Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas dan Apotik di Kuningan
  • Datangi kantor cabang BPJS Kesehatan setempat
  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1 500 400
  • Hubungi Dinas Sosial di Kabupaten atau Kota setempat
  • Atau bisa juga melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan dan informasikan kartu identitas diri kamu.

Cara Mendaftar Ulang BPJS

Jika kamu sudah melakukan pengecekan dan ternyata kepesertaan PBI kamu telah dinonaktifkan atau dicabut. Kamu bisa gunakan cara berikut untuk mendaftar ulang pada program BPJS.

  • Daftarkan diri ke Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial setempat untuk menjadi peserta PBI APBD dengan iuran yang dijamin Pemerintah Daerah.
  • Jika sudah melapor dan ternyata kamu masih memenuhi syarat sebagai PBI, namun anggaran Pemda belum memadai. Maka Dinas Sosial akan mengusulkan kamu untuk menjadi peserta PBI diperiode berikutnya kepada Kementrian Sosial.
  • Tapi, jika status kamu dinonaktifkan karena kamu dianggap mampu membayar iuran BPJS Kesehatan untuk diri sendiri bahkan keluarga. Kamu akan disarankan untuk mendaftar sebagai peserta mandiri atau PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah).
  • Dan jika sudah beralih menjadi PBPU, kartu kamu bisa langsung aktif dengan catatan pengalihan ke segmen PBPU dilakukan 1 bulan sejak dinonaktifkannya kepesertaan PBI APBN.
  • Namun, jika kamu adalah peserta BPJS kesehatan gtratis atau PBI baru, kamu akan mendapatkan kartu KIS dari BPJS kesehatan.
  • Dan untuk kamu yang memang belum dan membutuhkan pelayanan kesehatan. Kamu bisa mendatangi fasilitas kesehatan yang ada di kotamu dengan hanya menunjukkan kartu identitas seperti E-KTP atupun KK.

Itulah Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan Untuk yang Status PBInya Dicabut. Semoga bermanfaat dan kita bisa sehat selalu.