Cara Dan Syarat Dalam Pembuatan SKCK

KNGInfo.com – Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Ketika kita akan melamar pekerjaan ataupun hal lainnya, biasanya kita dimintai untuk menyertakan SKCK terbaru kita. SKCK sendiri merupakan surat yang diterbitkan oleh kepolisian republik indonesia, baik itu melalui polsek ataupun polres sekitar tempat tinggal kita.

Mungkin pada awalnya banyak warga yang beranggapan bahwa mengurus surat SKCK sangatlah rumit, padahal pada kenyataannya tidaklah rumit seperti apa yang awalnya mereka pikirkan.

Pada umumnya, dalam hal pengurusan SKCK ini tentunya memerlukan berkas atau beberapa hal lainnya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Lalu apa sajakah hal yang harus dipersiapkan sebelumnya ?

1. Surat Pengantar

Untuk anda yang akan membuat surat pengantar, anda cukup mendatangi kantor kelurahan atau kantor kepala desa terlebih dahulu. Akan tetapi mempersiapkan surat pengantar ini tidaklah harus dibawa, karena disebagian polsek atau polres sudah meniadakan syarat ini. Tentu hal ini untuk mempermudah warga atau masyarakat yang akan mengurus SKCK.

2. Persyaratan Yang Diperlukan Untuk Mengurus SKCK

Setelah sebelumnya anda mempersiapkan terlebih dahulu surat pengantar dari kelurahan atau kantor desa, sebelum melanjutkan mengurus SKCK ke polsek atau polres silahkan lengkapi persyaratan dibawah ini :

Bagi yang terdaptar sebagai warga negara indonesia ( WNI ) :

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) ataupun Surat Izin Mengemudi ( SIM ).
  2. Fotocopy Kartu Keluarga ( KK ).
  3. Fotocopy Akta Kelahiran / Ijazah Terakhir.
  4. Pas Foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna merah sebanyak 6 lembar.

Bagi yang terdaptar sebagai warga negara asing ( WNA ) :

  1. Fotocopy Paspor.
  2. Surat sponsor dari perusahaan ( asli ).
  3. Fotocopy surat nikah.
  4. Fotocopy kartu izin tinggal terbatas ( kitas ) ataupun kartu izin tinggal tetap ( kitap ).
  5. Pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna kuning sebanyak 6 lembar.

3. Pengurusan SKCK di Polsek Atau Polres

Pastikan anda datang ke polsek ataupun polres ketika jam kerja, agar prosesnya cepat diselesaikan. Silahkan anda mendatangi bagian SKCK untuk mendaftarkan diri dan mempersiapkan berkas yang dibawa. Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi formulir kelengkapan pengurusan SKCK.

Pihak polsek atau polres akan meminta berkas-berkas untuk kelengkapan persyataran pembuatan SKCK. Saran saya anda memfotocopynya dalam jumlah banyak agar tidak perlu repot bolak balik ke tempat focotopyan.

Untuk pengambilan sidik jari, biasanya dikenai biaya sebesar Rp. 5.000,- atau lebih ( hal itu tergantung pada kebijakan polsek ataupun polres setempat ). Setelah proses sidik jari selesai, saatnya proses pengumpulan berkas-berkas yang sebelumnya telah anda persiapkan dan membayar uang penerbitan SKCK diloket yang telah disediakan.

Tunggu antrian dan SKCK anda akan segera selesai.

Biaya SKCK saat ini

Untuk biaya pembuatan skck saat ini mulai tanggal 7 januari 2017 menjadi Rp. 30.000,- yang dulunya hanya sebesar Rp. 20.000,-. Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah ( PP ) Nomor 60 tahun 2016 tentang tarif dan jenis penerimaan negara bukan pajak. Termasuk biaya pembuatan SKCK.

Itulah beberapa syarat dan cara dalam hal pembuatan SKCK, semoga saja dapat membantu anda yang akan membuat dan mengajukan surat keterangan catatan kepolisian di polsek ataupun polres terdekat.