Cara Dapat BST KPM non PKH Kementrian Sosial

  • ervan
  • Des 21, 2020

KNGinfo.com- Cara Dapat BST KPM non PKH Kementrian Sosial. Penanggulangan dampak wabah Covid-19 Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Sosial memberikan beberapa bantuan secara langsung dan tunai. Yang sudah tersalurkan kepada masyarakat agar dapat meringankan beban ekonomi saat pandemi ini. Salah satu bantuan yang akan tetap berjalan pada tahun 2021 ialah program BST (Bantuan Sosial Tunai) bagi KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Program BST untuk tahun 2021 akan berlangsung hingga periode 6 bulan kedepan. Untuk sasaran penerima program BST kepada 10 Juta KPM pada 34 Provinsi di Indonesia dengan besaran bantuan sebesar Rp.200.000. yang dapat membantu meringankan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

Program BST KPM ini dengan sasaran kepada keluarga yang tidak termasuk dalam PKH (Prgram Keluarga Harapan). Untuk mendapat program bantuan sosial tunai untuk anda wajib memilki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Yang dapat anda dapatkan melalui pemerintah desa setempat anda tinggal. Sehingga anda akan menerima bantuan sosial tunai ini selanjutnya. Penerima program BST KPM non PKH ini memiliki kriteria penerima sebagai berikut.

Krtiteria Penerima BST KPM non PKH Rp. 200.000.

  • Warga yang tercatat dalam administrasi data penduduk yang talah terlaporkan oleh RT/RW.
  • Tidak pernah menerima batuan sosial dari pemerintah sebelumnya.
  • Warga yang kehilangan mata pencaharian terdampak Covid-19.

Untuk mendaftarkan sebagai pemiliki KKS agar menjadi salah satu syarat mendapat bantuan sosial tunai ini sebagai berikut.

Cara Daftar KKS

  • Anda dapat mendatangi kantor pemerintahan desa domisili anda atau dapat melalui RT/RW.
  • Lalu daftar sebagai peserta KPM.
  • Anda akan mendapat surat pemeberitahuan teknis pendaftaran sebagai calon KPM pada tempat yang telah di tentukan.
  • Setelah anda mendaftarkan dengan data yang sesuai maka data anda akan melalui tahap verifakasi terlebih dahulu. Saat data anda terverifikasi lalu anda akan membuka rekening bank pada bank penyalur bantuan.
BACA JUGA  Tips Lolos Beasiswa Dalam Negeri

Dan selanjutnya anda akan menerima BST KPM non PKH sebesar Rp.200.000. Untuk mengecek data anda sebagai penerima bantuan sosial tunai sebagai berikut.

cek data penerima BST

Cek Data Penerima BST Kementrian Sosial.

Untuk anda yang akan melalukan pengecekan data anda sebagai penerima BST anda dapat melakukan cek data secara mandiri. Atau anda dapat mengecek data dari saudara anda sebagai penerima BST melalui halaman website dengan cara sebagai berikut.

  • Buka halaman dtks.kemensos.go.id pada mesin pencarian google anda .
  • Lalu isikan data anda dengan pilihan NIK, ID DTKS/BDT atau Nomer PBI JK/KIS anda. Untuk lebih mempermudah anda dapat memilih NIK
  • Saat anda pilih NIK. Masukkan nomer NIK anda, Nama Sesusai E-KTP, Kode Captcha dan CARI.

Dan bagi anda yang hingga saat ini belum menerima bantuan sosial tunai. Dan memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan sosial tunai anda dapat melaporkan kepada pemerintahan desa domisili anda atau lapor ke RT/RW. Untuk mendaftarakan sebagai penerima bantuan sosial tunai dari kementrian sosial.

Itulah ulasan singkat bagaimana cara dapat BST KPM non PKH Kementrian Sosial. Segera cek NIK anda untuk mengetahui apakah anda sebagai peserta penerima BST. Dan sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19 untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara selalu terapkan 3M. Yaitu selalu gunakan masker saat beraktivitas luar rumah, Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan menjaga jarak anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *