Cara Lengkap Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

Cara Lengkap Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak asing lagi. Ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk memberikan jaminan Kesehatan kepada seluruh pekerja. Banyak cara yang dapat dilakukan pekerja untuk mencairkan BPJS yang dimiliki. Berikut ini cara  mudah mencairkan BPJS Secara Online buat pekerja.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU atau Anda dapat membuka situs online resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Kemudian anda buka aplikasi atau situs online tersebut.
  3. Lakukan login pada akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Jika belum mempunyai akun, Anda bisa mendaftar terlebih dulu melalui kolom Daftar Pengguna.
  4. Jika sudah masuk, pilih menu Klaim Saldo JHT.
  5. Isi kolom informasi. Pada kolom KPJ tersebut, isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan milik anda. Kemudian di kolom Keperluan, pilih Pengajuan Klaim.
  6. Setelah itu akan muncul pilihan Jenis Klaim. Anda bisa memilih salah satu di antaranya. Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  7. Jika semua data sudah diisi lengkap, Kemudian klik menu Kirim.
  8. Kemudian, muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Selanjutnya, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  9. Email tersebut berisi informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus Anda datangi untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT.
  10. Pada hari yang telah ditentukan, Anda bisa menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya. Kemudian, petugas akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Offline

Cara lain yang dapat anda lakukan selain melalui media online, anda dapat mencairkan dana BPJS melalu media Offline atau bisa langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

  1. Datang lebih awal untuk mengambil nomor antrean di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  2. Jangan lupa melengkapi semua dokumen persyaratan, seperti;
  • fotocopy kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu aslinya,
  • fotokopi KTP atau paspor milik peserta beserta dokumen aslinya
  • fotokopi dan asli Kartu Keluarga (KK) beserta dokumen aslinya
  • dan buku rekening tabungan yang masih aktif
  1. Mengisi formulir pengajuan klaim yang diberikan petugas dengan lengkap. Kemudian kembalikan dokumen kepada petugas, serta melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan
  2. Anda akan menunggu dengan nomor antrian yang didapatkan.
  3. Apabila dokumen yang dilampirkan belum lengkap, maka petugas akan memanggil dan meminta untuk melengkapi berkas. Apabila dokumen sudah lengkap, maka anda akan mendapat nomor antrian menuju petugas bagian pengajuan klaim
  4. Petugas pengajuan klaim akan memeriksa kembali kelengkapan Jika sudah sesuai persyaratan, petugas akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT Anda.

 

Jadi dengan media online dan offline anda dapat mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan anda. Semoga bermanfaat buat anda yang sudah membacanya.