Cara Melahirkan Dengan BPJS | Pinjaman online kuningan info

Cara Melahirkan Dengan BPJS

KNGInfo.com – BPJS Kesehatan memiliki banyak manfaat bagi banyak kelebihan khususnya untuk bidang kesehatan. Bahkan tidak hanya untuk berobat, tapi BPJS juga bisa dimanfaatkan pada saat hendak melahirkan. Bagi kamu yang belum tahu cara melahirkan dengan menggunakan BPJS, berikut ulasan selengkapnya.

Melahirkan Dengan BPJS

Sebagian ibu hamil yang dalam masa trimester terakhir, mungkin bertanya – tanya apakah BPJS bisa digunakan saat melahirkan baik secara normal maupun caesar? Dan ternyata baik melahirkan normal ataupun caesar, bisa menggunakan BPJS. Adapun caranya sebagai berikut ini:

1. Cara Membuat BPJS Sebelum Melahirkan

Bagi ibu yang baru memasuki masa – masa kehamilan, maka bisa mendaftar BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kehamilan, USG hingga persalinan pada Fasilitas Kesehatan tingkat pertama seperti klinik,  puskesmas dan lainnya. Adapun persyaratan yang kamu perlukan adalah:

  • Mengisi formulir pendaftaran peserta.
  • Melampirkan fotokopi KK, KTP atau passport masing – masing 1 lembar.
  • Melampirkan fotokopi buku rekening serta pas foto 3 x 4 masing – masing 1 lembar.

Untuk mendaftarkan dokumen tersebut bisa secara langsung melalui kantor layanan BPJS. Atau bisa juga secara online melalui website resmi BPJS kesehatan atau juga aplikasi mobile JKN.

2. Cara Membuat BPJS Untuk Melahirkan Normal

Bagi ibu yang ingin lahiran normal dengan menggunakan BPJS maka hendak melengkapi syarat berikut:

  • Kartu atau Nomor Kartu Peserta.
  • Lalu juga butuh Kartu Keluarga, KTP, buku Kesehatan Ibu dan Anak.
  • Rujukan, jika memang perlu dirujuk ke RS.

Untuk layanan persalinan normal dari BPJS ini bisa kamu gunakan pada faskes tingkat pertama seperti klinik, puskesmas ataupun dokter keluarga dengan peralatan medis yang munpuni. Namun apabila kondisi ibu hamil cukup serius dan berisiko maka dapat dilakukan ke faskes tingkat dua yakni rumah sakit dengan dokter spesialis obgyn.

BACA JUGA  Berikut Adalah Alur Pembuatan BPJS Secara Offline Dan Online

3. Cara Menggunakan BPJS Untuk Melahirkan Caesar

Pada kasus tertentu yang memungkinkan ibu tidak bisa melahirkan secara normal dan harus melakukan persalinan caesar, maka BPJS pun memiliki layanan tambahan. Karena BPJS hanya menanggung biaya jika persalinan caesar berlaku atas anjuran dokter.

Semoga dengan adanya panduan ini, kamu tidak bingung lagi dalam mengetahui menggunakan BPJS. Semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi kendala yang kamu hadapi.