Cara Membuat NPWP Secara Online

KNGInfo.com – Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan nomor yang sangat penting bagi wajib pajak. NPWP ini bisa merupakan NPWP Pribadi atau perseorangan atau bahkan NPWP untuk yang memiliki bisnis. Dahulu membuat ataupun mengajukan NPWP harus datang langsung ke kantor pajak diwilayah domisili masing-masing. Akan tetapi, saat ini proses pembuatan ataupun pengajuan NPWP sudah sangat mudah karena bisa Online.

Meskipun bisa membuat NPWP secara online, namun masih banyak warga masyarakat yang membuat NPWP secara offline. Yakni mendatangi langsung kantor pajak diwilayahnya masing-masing dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan ketika akan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online :

1. Siapkan e-mail anda yang aktif dan identitas diri anda yang lengkap. Bagi anda yang belum memiliki akun e-mail aktif bisa membuatnya terlebih dahulu. Karena prosesnya memang membutuhkan e-mail aktif.

2. Buka website Https://ereg.pajak.go.id maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

3. Jika sudah muncul laman seperti pada gambar diatas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah dengan mengklik tombol DAFTAR. Karena disini niatnya untuk membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online.

4. Setelah mengklik tombol daftar seperti pada langkah no 3, maka akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini yang harus anda isi. Hal yang harus anda isi ialah kolom e-mail anda yang masih aktif dan juga kolom captcha. Dan selanjutnya klik DAFTAR lagi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

5. Jika sudah memasukkan alamat e-mail aktif yang anda miliki. Maka dengan otomatis anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran tahap 1 dalam hal pembuatan NPWP secara online. Setelah itu, sistem akan mengirimkan link kedalam email anda untuk dapat melanjutkan ke tahap 2 dalam hal pembuatan NPWP secara online. Jika tidak menemukan email yang dimaksud didalam kotak masuk, cobalah cek didalam folder spam.

6. Jika sudah menemukan email yang dimaksud seperti pada langkah no 5, dan anda klik link yang ada didalam email tersebut. Maka akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas isilah sesuai dengan instruksi, diantaranya :

  • Jenis NPWP : Isi sesuai dengan kebutuhan, disana tersedia dua pilihan yakni NPWP orang pribadi dan NPWP untuk badan / usaha.
  • Nama : Isi nama sesuai dengan KTP yang anda miliki.
  • Password dan Ulangi Password : Isi sesuai dengan apa yang anda inginkan.
  • Nomor HP : Isi sesuai dengan No HP yang anda miliki dan tentunya masih dalam keadaan aktif dan sering digunakan.
  • Pertanyaan dan Jawaban : Pilih pertanyaan yang sesuai dengan anda beserta jawaban. Biasanya hal ini dibutuhkan ketika tiba-tiba anda lupa dengan Password yang anda gunakan.
  • Masukkan kode ke kolom captcha.

Jika semua sudah berhasil anda isi dengan benar, selanjutnya anda kembali klik tombol DAFTAR untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah itu, akan muncul didesktop anda tulisan SELAMAT. Jika anda sudah selesai melakukan langkah kedua dari pendaftaran akun di sistem pajak online. Selanjutnya anda tinggal cek email anda (email yang tadi anda daftarkan), untuk mendapatkan link. Untuk melanjutkan langkah aktifasi dari rangkaian proses pendaftaran akun anda.

Jika anda sudah cek email dan mengklik link aktivasi yang tertera dalam email. Anda akan kembali mendapatkan ucapan SELAMAT jika akun atas nama anda telah berhasil dibuat. Dan tentunya jika sudah berhasil dibuat, layanan yang anda bisa gunakan melalui sistem ini ialah pembuatan NPWP secara Online.

Langkah Pengisian Formulir NPWP Online

1. Langkah pertama untuk proses pembuatan NPWP secara online ini, anda terlebih dahulu log in menggunakan akun yang baru saja anda buat.

2. Setelah melakukan proses login, selanjutnya anda tinggal pilih menu pengajuan NPWP.

3. Ikuti langkah-langkah pengisian dengan teliti dan tentunya pastikan data-data yang anda masukkan memang benar. Agar proses pengajuan pembuatan NPWP tidak ditolak.

4. Setelah proses pengisian formulir untuk pengajuan pembuatan NPWP selesai. Selanjutnya sistem akan merekomendasikan KPP untuk mengurus pengajuan pembuatan NPWP yang sudah anda buat.

5. Klik Menu Token untuk mendapatkan kode unik sebagai salah satu syarat pengajuan NPWP.

6. Klik Kirim Pengajuan dan tunggulah beberapa hari untuk mendapatkan konfirmasi. Apakah proses pengajuan pembuatan NPWP secara online yang anda buat ditolak ataupun diterima. Untuk konfirmasinya biasanya akan dikirimkan melalui e-mail yang anda daftarkan.

7. Jika proses pengajuan diterima. Maka NPWP akan dikirimkan melalui POS ke alamat yang terlampir ketika anda mengisi formulir isian pembuatan NPWP tersebut.