Cara Membuat SKCK Online | Pinjaman online kuningan info

Cara Membuat SKCK Online

KNGInfo.com – Bagi kamu yang ingin melamar sebuah perkerjaan, ada baiknya mempersiapkan dokumen – dokumen penting yang sekiranya akan berguna nanti saat melampirkan surat lamaran. Salah satu dokumen atau file penting yang kini menjadi syarat dalam berkas lamaran kerja adalah SKCK. Dan apakah kamu sudah tahu jika kini kamu tidak perlu lagi pergi ke Polres ataupun Polda terdekat untuk membuat SKCK, karena saat ini sudah tersedia layanan pembuatan SKCK online. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenai SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan surat yang berisikan catatan seseorang dalam data kepolisian dengan fungsi untuk menunjukkan kita sebagai warga negara yang bersih serta tidak pernah terlibat dengan tindak kriminal. Sebagian orang juga menyebutnya dengan surat kelakuan baik. Sehingga memang perlu kita lampirkan pada berkas lamaran kerja agar perusahaan merasa lebih yakin dengan kita.

Selain untuk melamar pekerjaan, SKCK juga kita butuhkan saat mendaftar sekolah luar negeri dan calon penjabat pun wajib memiliki surat ini. SKCK memiliki batas waktu hanya enam bulan sejak tanggal pembuatannya, sehingga kita wajib memperpanjangnya tiap enam bulan sekali.

Syarat – Syarat Pembuatan SKCK

Untuk membuat SKCK pun kamu harus mempersiapkan beberapa berkas yang menjadi syarat dalam pembuatannya, yakni:

  • KTP atau SIM
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan
  • Foto berukuran 4 x 6

Cara Membuat SKCK Online

Jika biasanya untuk membuat SKCK kita harus mendatangi Polres maupun Polda terdekat sekaligus membawa berkas – berkas yang menjadi syarat pembuatannya, kini kita menggunakan cara online. Ya, kita dapat membuat SKCK online melalui perangkat yang biasa kita gunakan dan setelahnya kita bisa langsung mengambil SKCK dengan membawa kode resgitrasi ke loket Polres ataupun Polda terdekat.

BACA JUGA  Cara Dan Syarat Dalam Pembuatan SKCK

Dan berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat SKCK secara online:

  • Kamu bisa langsung buka dan akses website resmi SKCK online Polri dengan pada situs skck.polri.go.id.
  • Kemudian kamu bisa klik menu “Form Pendaftaran” yang ada pada pojok kanan atas.
  • Setelah itu kamu bisa mengisi semua data pribadi beserta upload file yang diperlukan.
  • Jika kamu sudah selesai mengisi semua data, kamu akan menerima nomor Briva untuk membayar pembuatan SKCK melalui ATM BRI, BRI mobile Banking, maupun teller BRI.
  • Jangan lupa untuk mencatat dan menyimpan kode registrasi yang muncul untuk selanjutnya kamu bawa ke Polres atau Polda saat mengambil SKCK aslinya.

Kesimpulan

Setelah kamu melakukan pembuatan SKCK secara online, kamu bisa langsung mengambil SKCK yang sudah selesai dalam waktu tiga hari. Karena jika lewat dari tiga hari data kamu akan otomatis terhapus dan kamu perlu melakukan resgitrasi ulang.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat SKCK secara online. Semoga membantu kamu yang sedang mencari cara ini. Selamat mencoba.