Cara Menambahkan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan Perusahaan

  • admin
  • Des 18, 2020
Cara Menambahkan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan Perusahaan

KNGInfo.com – Untuk peserta JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan perusahaan. Berhak mendapatkan tanggungan untuk 4 anggota mulai dari suami atau istri dan 3 anak. Dan jika kamu sedang mencari cara untuk menambahkan anggota keluarga pada BPJS Kesehatan dari perusahaan, kamu sudah berada di postingan yang tepat. Karena kali ini kita akan membahas dan memberikan cara yang bisa jadi merupakan solusi untuk kamu yang sedang membutuhkannya. Berikut ulasan lebih lanjutnya.

BPJS Kesehatan Perusahaan

Adalah program dari BPJS Kesehatan yang diperuntukkan khusus bagi para pekerja penerima upah atau PPU baik di badan usaha milik pemerintah maupun swasta. Dan dalam aturan BPJS Kesehatan, untuk anggota PPU boleh menambahkan tanggungan maksimal 4 orang yang mana adalah suami atau istri dan maksimal 3 orang anak yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Tidak atau belum menikah.
  • Tidak atau belum memiliki penghasilan sendiri
  • Belum berusia 21 tahun dan untuk yang sedang menjalankan pendidikan formal tidak boleh di atas dari 25 tahun.

Dan apabila anak pertama hingga ketiga tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka statusnya dapat kamu alihkan ke anak berikutnya dan harus sesuai dengan urutan kelahiran. Syarat lainnya, anak tersebut juga harus merupakan anak sah dari peserta BPJS Kesehatan.

Cara Menambahkan Anggota Keluarga

Untuk menambahkan anggota keluarga pada BPJS kesehatan perusahaan, kamu harus memilih 2 cara berikut.

1. Menggunakan Pendaftaran Kolektif dari Perusahaan

Jika kamu menggunakan cara ini, maka langkah – langkah yang mesti kamu lakukan adalah:

  • Memberi surat kuasa untuk pemotong gaji kepada pemberi kerja, dengan catatan untuk penambahan iuran anggota keluarga yang ditambahkan pada BPJS kesehatan perusahaan.
  • Memberikan data anggota keluarga yang akan kamu tambahkan atau daftarkan pada BPJS Kesehatan.

Nantinya perusahaan akan mendaftarkannya secara kolektif dan melakukan pemotongan gaji sebesar 1% untuk setiap anggota keluarga yang perusahaan tambahkan.

2. Melakukan Pendaftaran Secara Perorangan

Kamu juga bisa mendaftarkannya sendiri, yakni dengan membawa langsung anggota keluarga tambahan ditambahkan ke kantor BPJS dan nantinya akan mendapatkan virtual Account serta besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

Itulah ulasan mengenai cara untuk menambahkan anggota keluarga pada BPJS Kesehatan perusahaan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan cara ini.

BACA JUGA  Cara Mudah Daftar Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *