Cara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer

  • admin
  • Jan 31, 2022
Cara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer

KNGInfo.comCara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer. Teknologi yang semakin maju membuat generasi saat ini kian pintar dalam memanfaatkan peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Bahkan belakangan ini banyak yang memilih freelance sebagai pekerjaan utama alih-alih bekerja di suatu perusahaan. Selain tidak terikat dengan aturan, freelancer juga bebas menentukan jam kerja dan siapa saja klien mereka.

Namun sayangnya, dengan kebebasan yang didapatkan oleh freelancer membuatnya sulit untuk mendapatkan asuransi. Tapi meski demikian, tetap ada BPJS Ketenagakerjaan yang bisa digunakan dan memang wajib untuk diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali freelancer. Nah, jika kami seorang freelancer dan belum tahu cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan untuk freelancer maka silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Freelancer Dapat Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa seorang freelancer bisa menentukan jam kerja dan siapa saja klien yang akan mereka ajak bekerjasama sama. Hal ini karenakan aturan kerja freelancer berbeda dengan karyawan biasa dan kontraknya pun hanya berisikan proyek, design, waktu pengerjaan dan juga upah yang akan terima. Contoh dari pekerjaan seorang freelancer adalah content creator, content writer, voice over hingga sosial media officer.

Dalam BPJS Ketenagakerjaan, freelancer masuk dalam program BPU atau Bukan Penerima Upah sehingga bisa mendapatkan Jaminan Hari Tua hingga Jaminan Kecelakaan Kerja dengan mendaftar dan menjadi pesertanya. Beberapa program BPJS Ketenagakerjaan yang bisa para freelancer dapatkan adalah sebagai berikut:

  • 1. Program JHT atau Program Jaminan Hari Tua.
  • 2. Program JKK atau Program Jaminan Kecelakaan Kerja.
  • 3. Program JK atau Program Jaminan Kematian.

Cara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer

Adapun cara untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bagi freelancer sangat mudah karena bisa kita lakukan secara online tanpa harus ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dan masuk ke laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu melalui browser.
  • Setelah itu, isi informasi yang diminta yakni berupa data pribadi untuk bisa melakukan verifikasi data.
  • Isi juga Captcha lalu tap tombol “Lanjutkan”.
  • Kemudian cek email kamu terlebih dahulu guna melakukan aktivasi pendaftaran.
  • Selanjutnya adalah mengisi informasi pekerja yakni lokasi bekerja, pekerjaan, jam kerja hingga penghasilan rata-rata perbulan.
  • Isi juga profil pekerja dan pilih program BPJS Ketenagakerjaan beserta periode pembayaran.
  • Lanjutkan dengan melakukan pembayaran dan konfirmasi jika kamu sudah mendapatkan kode iuran melalui email kamu.
  • Dengan begitu kamu telah berhasil mendaftar BPJS Ketenagakerjaan untuk freelancer dan dalam waktu paling lama 7 hari setelah membayar iuran, kamu akan menerima kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Akhir Kata

Itulah cara mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk freelancer. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.

BACA JUGA  Dokter Gigi BPJS Daerah Kuningan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *