Cara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Aktif

  • admin
  • Apr 02, 2022
Cara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Aktif

KNGInfo.comCara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Aktif. Sudah seharusnya kita selaku masyarakat Indonesia menjadi peserta BPJS Kesehatan yang memang sangat membantu kita dalam pembiayaan pengobatan. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, kita bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis pada faskes yang terdaftar. Namun sayangnya, belakangan ini banyak masyarakat yang gagal dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan karena status NIK mereka yang belum aktif.

Hal tersebut dikarenakan NIK yang belum aktif atau tidak ditemukan di Dukcapil. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara mengatasi gagal daftar BPJS karena NIK yang belum aktif. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Aktif

Salah satu syarat yang diperlukan saat pengisian data ketika mendaftar BPJS Kesehatan adalah NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Jika NIK mengalami gangguan maka bisa dipastikan proses pengisian data tersebut akan terhambat. Sehingga tak heran jika NIK kita belum aktif atau tidak terdaftar di Dukcapil maka tidak bisa melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan.

Dikatakan belum aktif atau tidak terdaftar pada Dukcapil karena pemohon masih menggunakan data dokumen lama dan belum melakukan update atau pembaruan data. Dengan begitu, pemohon pun harus memperbarui data agar NIK tersebut bisa aktif dan terdaftar di Dukcapil

Cara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Kesehatan Karena NIK Belum Aktif

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi gagal daftar BPJS Kesehatan karena NIK belum aktif, antaranya adalah:

  • Menghubungi Call Center

Pertama, kamu bisa menghubungi Call Center Halo Dukcapil di nomor 1500537 pada hari kerja mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu KTP dan Kartu Keluarga untuk pengurusan pendaftaran BPJS Kesehatan yang gagal karena NIK yang belum aktif.

  • Melalui Whatsapp

Kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp 08118005373 untuk menyampaikan permasalahan kamu yakni gagal daftar BPJS Kesehatan karena NIK yang belum aktif dalam bentuk SMS dan melampirkan data pendukung seperti KTP atau Kartu Keluarga. Kirim SMS dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan.

  • Mengirim Pesan Email

Terakhir, kamu bisa mengirim pesan email ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com dengan melampirkan data pendukung yang sama seperti melalui Whatsapp, yakni #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan.

Jika NIK sudah aktif atau online maka bisa coba mendaftar BPJS Kesehatan kembali. Dengan begitu kita tak perlu mendatangi kantor Dukcapil untuk mengaktifkan NIK.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai cara untuk mengatasi gagal daftar BPJS karena NIK belum aktif. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA  Cara Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *