Begini Cara Mudah Cek Nama Kita Sudah Masuk DPS Atau Belum

KNGInfo.com – Memastikan nama kita tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS ). Untuk pemilihan kepala daerah ataupun gubernur jelas merupakan hal yang sangat penting. Karena apabila nama kita sudah tercantum didalam DPS tersebut, maka sudah bisa dipastikan kita dapat mengikuti pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018 sebagai pemilih. Baik itu sebagai pemilih pemula ataupun pemilih yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu-pemilu yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Menjelang pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat melakukan terobosan yang sangat baik. Dimana KPU Jawa Barat meluncurkan sebuah aplikasi dengan nama GRATIAS yang bisa anda download di google playstore.

Disana nantinya anda hanya perlu memasukkan kode Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) anda. Untuk mengecek apakah nama anda sudah tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) di PPS desa atau kelurahan setempat dimana anda tinggal. Jika belum tercantum atau terdaftar, segeralah untuk menghubungi pps desa atau kelurahan setempat domisili anda.

Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan aplikasi yang diluncurkan KPU Jawa Barat tesebut ?

1. Masuk ke aplikasi google playstore di handphone anda, dan tulis GRATIAS dalam kolom pencarian.

2. Setelah itu akan muncul layar seperti dibawah ini dan anda tinggal klik tombol INSTAL.

3. Setelah berhasil anda instal, untuk mengecek nama anda sudah tercantum atau belum silahkan masukkan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) anda dikolom yang sudah tersedia dan klik Cari Data Pemilih.

4.. Setelah itu, akan muncul hasil pencarian. Jika nama anda sudah terdaftar di DPS maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Jika setelah NIK anda masukkan namun nama anda belum terdaftar di data Daftar Pemilih Sementara, diharapkan untuk secepatnya melaporkan hal tersebut ke PPS didesa atau kelurahan setempat tempat dimana anda tinggal. Dialam aplikasi GRATIAS yang dikeluarkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat ini, selain melihat profil informasi pemilih. Anda juga dapat melihat di tps mana anda akan mencoblos, siapa petugasnya, siapa saja pasangan calon yang akan anda pilih. Baik itu informasi pasangan calon untuk gubernur dan wakil gubernur ataupun calon bupati dan wakil bupati.

Selain beberapa informasi akurat tersebut, kita juga bisa melihat informasi mengenai beberapa tahapan pemilu didashboard depan aplikasi ketika kita akan mengisi NIK. Bagaimana ? sangat mudah bukan untuk menggunakan aplikasi yang diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat. Jadi untuk mengetahui informasi seputar pemilihan kepala daerah serentak khususnya dijawa barat kita tinggal instal saja aplikasi tersebut.

Semoga penjelasan ini bisa membantu anda untuk mengecek apakah nama anda sudah tercantum didalam data DPS ataupun belum.