Cara Mudah Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

  • 2 min read
  • Jun 06, 2021
Cara Mudah Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

KNGInfo.comCara Mudah Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online. Salah satu tanda pengenal atau identitas yang ada di Indonesia adalah plat nomor kendaraan. Kita bisa mengetahui berbagai macam informasi melalui plat nomor. Misalnya pemilik dari kendaraan tersebut dan ini sangat membantu saat terjadi kecelakaan, kriminal hingga urusan tilang. Sebagian dari kita meyakini bahwa untuk mengecek pemilik plat nomor kendaraan hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor SAMSAT, padahal kini kita sendiri bisa melakukannya secara online. Bagi kamu yang belum tahu caranya penting untuk menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

Sebagian orang masih belum mengetahui bahwa untuk mengecek pemilik plat nomor kendaraan bisa dilakukan sendiri secara online dan hanya memerlukan smartphone saja. Dan untuk melakukannya pun sangat mudah dan ada beberapa opsi yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari menggunakan aplikasi, website ataupun melalui SMS.

Beberapa Cara Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa ada beberapa cara untuk mengecek pemilik plat nomor kendaraan, diantaranya:

1. Melalui Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan

Cara yang pertama adalah melalui aplikasi untuk mengecek plat nomor kendaraan dengan mudah. Meski saat ini belum ada aplikasi khusus untuk mengecek siapa pemilik plat nomor sebuah kendaraan. Namun ada alternatif lainnya yakni menggunakan aplikasi layanan pajak kendaraan. Dan setiap daerah pun memiliki aplikasi yang berbeda, jadi pastikan kamu mengunduh aplikasi yang sesuai dengan daerah plat nomor kendaraan tersebut dan dari pengembang resmi e-Samsat.

Untuk aplikasi layanan pajak kendaraan daerah Jawa Barat yang kamu bisa menggunakan SAMBARA yang tersedia di Play Store. Jika kamu telah mengunduhnya maka masukkan plat nomor kendaraan yang ingin kamu cek, setelah itu kamu akan melihat informasi mengenai plat nomor kendaraan tersebut.

2. Melalui Website e-Samsat

Cara yang kedua adalah melalui website e-Samsat yang bisa kamu buka melalui browser yang biasa kamu gunakan baik dari ponsel maupun komputer. Sama seperti menggunakan aplikasi, kamu bisa memasukkan plat nomor kendaraan yang ingin kamu cari pada kolom yang tersedia dan setelah itu akan muncul informasi terkait kendaraan tersebut mulai dari nama pemilik, warna, tipe, nomor mesin hingga besaran pajaknya. Untuk saat ini, hanya beberapa daerah saja yang menyediakan website untuk layanan ini, salah satunya Jawa Barat, yakni di bapenda.jabarprov.go.id/infobpkb/

3. Melalui SMS

Cara terakhir adalah melalui SMS yang mana untuk daerah Jawa Barat bisa mengirimkan SMS ke nomor 0811-211-9211 dengan format info<spasi>Nomor Polisi<spasi>Warna Kendaraan, misalnya INFO D1425WR Hijau. Dengan begitu kamu akan mendapatkan balasan berisi informasi mengenai kendaraan tersebut, salah satunya pemilik kendaraan.

Itulah ulasan mengenai cara mudah cek pemilik plat nomor kendaraan online yang dapat kamu gunakan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.

BACA JUGA  Cara Menyiasati Biaya Kebutuhan di Bulan Ramadhan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *