Cara Mudah Cek Tagihan PBB Online

  • admin
  • Feb 01, 2022
Cara Mudah Cek Tagihan PBB Online

KNGInfo.com – Selain pajak penghasilan, kamu yang memiliki rumah juga wajib membayar PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Sebelum membayar PBB tentu kita harus mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan agar kita bisa mempersiapkan dananya. Nah, bagi kamu yang menginginkan cara mudah untuk cek tagihan PBB maka bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cek Tagihan PBB Online

Pada dasarnya besaran nominal PBB bersifat kebendaan sehingga ditentukan oleh kondisi objek pajak yang mengikutinya, baik itu tanah ataupun bangunan dan tidak dapat ditetapkan oleh pihak pembayar. Ada beberapa golongan bangunan yakni jalan lingkungan di suatu kompleks bangunan seperti pabrik, hotel dan lainnya, ada juga jalan tol, kolam renang, tempat olah raga dan fasilitas lain pemberi manfaat.

Sebelum membayar PBB kita perlu mengecek tagihannya untuk kemudian mengurus SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang yang berfungsi sebagai dokumen indikator besar utang atas PBB dan harus dilunasi sesuai waktu yang ditetapkan. Untuk mengecek tagihan PBB kini juga sudah bisa kita lakukan secara online sehingga akan lebih mudah, mulai dari website resmi pajak hingga aplikasi e-commerce.

Cara Mudah Tagihan PBB Online

Seperti yang telah kita sebutkan bahwa kita bisa cek tagihan PBB secara online dana adapun caranya sebagai berikut:

1. Melalui Website Resmi Kantor Pelayanan Pajak

Untuk warga Kuningan yang ingin cek tagihan PBB secara online, bisa melalui website KPP Pratama Kuningan dengan url https://www.online-pajak.com/kantor-pajak/kpp-pratama-kuningan. Situs ini memiliki fitur yang lengkap, mulai dari e-filling, e-billing & pajakpay hingga hitung, setor dan lapor PPh 21. Untuk mengecek tagihan PBB melalui situs ini kamu bisa menggunakan menu Daftar e-SPPT PBB  dan masukkan data pribadi seperti NIK, NPWP hingga Nomor objek PBB. Dengan begitu kamu akan melihat rinciannya.

2. Melalui E-commerce

Selain menggunakan website resmi kantor pelayanan pajak, kamu juga bisa menggunakan e-commerce untuk cek tagihan PBB dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi e-commerce yang biasa kamu gunakan, kali ini kita menggunakan Shopee.
  • Kemudian pada halaman utama tap menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”.
  • Selanjutnya langsung saja tap menu “PBB
  • Setelah itu, isi data yang tersedia yakni Daerah, Tahun dan No. Objek Pajak.
  • Dengan begitu kamu bisa mengikuti arahan selanjutnya untuk cek tagihan PBB kamu.

Penutup

Demikianlah cara mudah cek tagihan PBB online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA  Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan BRI Melalui Aplikasi BRImo
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *