Cara Mudah Membuat Surat Keterangan Usaha

KNGInfo.com – Bagi anda yang mempunyai usaha, tentunya mempunyai surat keterangan usaha sangatlah penting dan diharuskan. Surat Keterangan Usaha sendiri merupakan surat yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan atau desa setempat. Dimana menerangkan bahwa orang yang namanya tertera didalam surat tersebut, memang benar merupakan warga desa setempat. Dan memang benar memiliki sebuah usaha yang disebutkan dalam surat tersebut.

Surat Keterangan Usaha ini biasanya digunakan ketika anda akan mengajukan pinjaman atau kredit ke bank atau lembaga lain. Tentu dengan tujuan untuk lebih mengembangkan lagi usahanya bermodalkan pinjaman tersebut.

Nah apabila anda memang ingin membuat surat keterangan usaha, berikut adalah persyaratan dan cara-cara untuk membuatnya :

Beberapa dokumen yang tentunya harus anda persiapkan sebelum anda mengurus surat keterangan usaha di kelurahan ataupun di kecamatan :

  • Surat pengantar dari RT/RW setempat.
  • Kartu tanda penduduk ( asli dan fotocopy ).
  • Kartu keluarga ( fotocopy ).
  • Surat pernyataan / permohonan.

Setelah beberapa dokumen diatas anda persiapkan dan sudah lengkap. Selanjutnya anda mengikuti beberapa langkah berikut ini dalam pembuatan surat keterangan usaha :

1. Membuat Surat Pengantar RT/RW

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendatangi pengurus rt/rw setempat untuk meminta surat pengantar pembuatan SKU. Ditempat lain biasanya surat pengantar ini disebut surat domisili, dimana menjelaskan bahwa nama orang yang tertera disurat tersebut memang benar merupakan warga asli didaerah tersebut.

2. Mendatangi Kantor Kelurahan / Kepala Desa

Setelah anda membuat surat pengantar atau surat domisili dari rt/rw setempat, selanjutnya anda akan mendatangi kantor kelurahan atau kepala desa. Dengan membawa persyaratan dan juga surat pengantar. Disini nantinya anda akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan surat keterangan usaha. Silahkan anda isi dengan data yang selengkap-lengkapnya, agar apabila ada kesalahan bisa segera diperbaiki.

Setelah semuanya selesai, anda tinggal menyerahkan berkas pembuatan surat keterangan usaha dan formulir yang baru saja anda isi kepada petugas di kelurahan atau dikantor kepala desa. Silahkan anda tanyakan langsung kepada petugas yang ada di kelurahan atau kantor kepala desa mengenai kapan surat keterangan usaha tersebut selesai dibuat dan ditandatangani.

3. Datang Ke Kantor Kecamatan

Setelah surat keterangan usaha anda jadi dan ditandatangani oleh lurah atau kepala desa, selanjutnya anda mendatangi kantor kecamatan dengan membawa surat tersebut. SKU yang anda buat akan ditandatangani oleh camat dan di stempel. Untuk pembuatannya sendiri biasanya tidak dikenakan biaya dan kalaupun dikenakan biaya, biayanya tidak akan mahal.

Untuk masa berlakunya sendiri berlaku selama satu tahun dimulai dari tanggal terbit surat keterangan usaha tersebut.