Cara Mudah Mengecek Saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan | Pinjaman online kuningan info

Cara Mudah Mengecek Saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan

KNGInfo.comCara Mudah Mengecek Saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Jika dulunya setiap karyawan memiliki jaminan sosial atau biasa kita sebut Jamsostek, kini telah berganti menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Sebagian iuran untuk BPJS Ketenagakerjaan pun merupakan tanggungan perusahaan dan sebagian lainnya dari penghasilan karyawan yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sama seperti Jamsostek, pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan juga akan mendapatkan keuntungan, karena sewaktu – waktu saldo yang tersimpan dapat ditarik oleh pesertanya. Dan jika kamu merupakan salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan ingin mengetahui jumlah saldo yang sudah terkumpul selama ini, bisa lanjut membaca postingan ini. Karena kali ini, kita akan membahas cara untuk mengecek saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Berikut ulasan selengkapnya.

Sekilas Mengenai Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan

Sebagian dari kita pastinya masih ada yang belum mengerti perbedaan antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dan sebenarnya, BPJS Kesehatan adalah transformasi PT Asuransi Kesehatan yang berupa perlindungan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi PT Jamsostek yang hanya diberikan kepada para karyawan pada suatu perusahaan.

Untuk BPJS Ketenagakerjaan pun memiliki empat program yakni jaminan kecelakaan saat bekerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan pensiun. Dan saldo yang dapat dilihat oleh karyawan yang menjadi peserta adalah saldo jaminan hari tua atau JHT.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan selaku peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo, yakni:

1. Menggunakan aplikasi BPJSTKU

Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Play Store maupun App Store dengan gratis. Dengan login menggunakan email serta akun yang aktif kamu bisa memilih menu “Lihat Saldo” untuk melihat perincian mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan JHT kamu.

BACA JUGA  Solusi Saat Lupa Nomor BPJS

2. Melalui Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Selain menggunakan aplikasi BPJSTKU, kamu juga bisa menggunakan situs resmi BPJS Ketenagakerjaan secara online. Dengan terlebih dahulu membuat akun pada “Form Pendaftaran Pengguna” dan lanjutkan dengan memilih “Lihat Saldo JHT” pada menu yang ada.

3. Mengunjungi Langsung Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Hanya dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan dan ikuti segala instruksi yang diberikan oleh petugas, kamu akan langsung mendapatkan rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan JHT.

Itulah cara mudah untuk mengecek saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang memerlukan cara ini.