Cara Mudah Mengurus KTP Yang Hilang | Pinjaman online kuningan info
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Mudah Mengurus KTP Yang Hilang

KNGInfo.com – Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) merupakan salah satu tanda pengenal yang perannya sangat penting. Setiap penduduk atau warga indonesia yang berusia 17 tahun keatas diwajibkan untuk memiliki KTP. KTP tidak hanya sebagai tanda pengenal namun menjadi beberapa syarat dalam pembuatan surat-surat lainnya yang mewajibkan kita untuk memiliki kartu tanda penduduk ini.

Penduduk yang memiliki KTP akan memiliki Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) yang tercantum didalam KTP tersebut. NIK tersebut hanya berlaku untuk satu orang dengan masa seumur hidup. NIK tersebut juga akan menjadi dasar dalam penerbitan dokumen lainnya yang kita butuhkan.

Namun sayangnya, kita sering sekali teledor ataupun lupa menyimpan kartu tanda penduduk tersebut. Atau bahkan KTP tersebut hilang diakibatkan karena memang dompet kita terjatuh dijalan mungkin juga karena kecopetan. Lalu bagaimana cara mengurus KTP yang hilang ?

1. Siapkan Persyaratan Dibawah Ini Untuk Mengurus KTP Yang Hilang

  • Membawa surat keterangan kehilangan yang diterbitkan oleh kepolisian. Biasanya yang diterbitkan oleh kepolisian sektor, dimana tempat anda tinggal. Contohnya wilayah desa bayuning akan meminta surat keterangan kehilangan di polsek kadugede.
  • Membawa Fotocopy Kartu Keluarga ( KK ).
  • Membawa surat pengantar dari RT/RW setempat.

Langkah Ketika Akan Mengurus KTP Yang Hilang

1. Melapor Ke Kantor Polisi

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika merasa kehilangan surat berharga dan yang lainnya adalah melaporkannya ke kantor polisi terdekat. Namun ada baiknya sebelum anda melaporkan ke kantor kepolisian, pastikan membawa surat pengantar dari RT/RW setempat. Dimana anda tinggal sesuai dengan alamat yang tertera dalam kartu tanda penduduk ( KTP ).

2. Datang Kembali Ke RT/RW Setempat

Setelah mendatangi kantor kepolisian terdekat, selanjutnya anda datang kembali ke kantor RT/RW setempat. Disana anda akan mendapatkan surat pengantar untuk penerbitan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang baru. Sebagai pengganti KTP anda yang hilang sebelumnya.

3. Pergi Ke Kelurahan / Kecamatan

Datang ke kelurahan atau kecamatan dengan membawa beberapa persyaratan yang telah disebutkan diatas untuk membuat Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang baru. Berkas tersebut meliputi membawa surat kehilangan dari kepolisian, membawa fotocopy kartu keluarga dan juga membawa surat pengantar dari RT/RW setempat.

  • Serahkan semua berkas diatas ke petugas kelurahan / kecamatan.
  • Mengisi formulir pengajuan pembuatan kartu tanda penduduk ( KTP ) yang baru.
  • Setelah hal tersebut, anda akan mengikuti langkah pengambilan data. Baik itu sidik jari, melakukan tanda tangan digital, melakukan sesi foto dan yang terakhir melakukan perekaman retina mata.
  • Untuk pengambilan KTP dapat dilakukan setelah 14 hari dari pertama anda melakukan pendaftaran permohonan pembuatan KTP yang baru.

Bagaimana ? sangat mudah bukan pengurusan kartu tanda penduduk ( KTP ) yang hilang. Lebik baik ketika anda merasa kartu tanda penduduk anda hilang segera melapor dan membuat surat pernyataan kehilangan. Agar proses pembuatan KTP barunya tidak memakan banyak waktu, terlebih lagi KTP merupakan dokumen yang sangat penting.