Cara Pelaporan SPT Tahunan Langsung Ke Kantor Pajak

KNGInfo.com – Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban kita sebagai wajib pajak. Disini saya akan lebih menekankan kepada cara pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi. Pelaporan ini selalu dilakukan rutin satu tahun sekali, dan biasanya sebelum melakukan pelaporan spt tahunan. Kita akan terlebih dahulu menerima surat dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana kita membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Setelah menerima surat dari KPP tersebut, yang didalamnya berisi himbauan untuk melakukan penyampaian laporan SPT Tahunan Orang Pribadi. Dimana tenggat pelaporan ini paling lambat dilakukan 3 bulan setelah akhir Tahun Pajak. Guna kepentingan yang lebih lanjut, nantinya anda akan diminta untuk segera melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Untuk mencegah agar anda terhindar dari sanksi administrasi ataupun sanksi pidana.

Untuk anda yang berdomisili di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk perihal pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi ataupun memerlukan penjelasan lebih lanjut. Terkait dengan surat yang anda terima, bisa langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan Jalan Aruji Kartawinata No. 29 Kuningan pada hari dan jam kerja.

Lantas Bagaimana Caranya ?

  1. Untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan ini, tentu anda harus sudah terlepas dari yang namanya membayar pajak. Dalam artian, pembayaran pajak ditahun sebelumnya sudah sepenuhnya anda lakukan dan tidak terdapat tunggakan (untuk memudahkan dalam pelaporan).
  2. Jika hal tersebut sudah dilakukan, anda tinggal mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana tempat anda tinggal. Untuk baraya wargi kuningan dan sekitarnya, bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kuningan yang berada di Jl Aruji Kartawinata No 29 Kuningan.
  3. Sesampainya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), anda mengambil no antrian di resepsionis dan menunggu didepan loket Help Desk.
  4. Ketika nama anda dipanggil, anda akan ditanya perihal pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi. Dan setelahnya anda diharuskan untuk mengisi beberapa dokumen sesuai dengan yang anda laporkan. Contohnya saja, Harta yang anda miliki selama memiliki NPWP atau Usaha yang anda jalankan. Pajak yang setiap bulannya anda setorkan dan juga mengisi NPWP serta NIK.
  5. Jika sudah selesai, selanjutnya anda langsung diarahkan ke loket pembayaran untuk menyelesaikan Pelaporan SPT Tahunan ini. Tapi tenang, pembayaran disini bukan mengharuskan anda melakukan kembali pembayaran pajak. Hanya saja memang tempatnya diloket pembayaran.
  6. Jika sudah selesai, nantinya anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Surat (BPS) Perihal Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 1. Surat Bukti Jika Anda telah melakukan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Di Kantor Pajak

Jika sudah mendapatkan surat bukti tersebut, maka tugas anda melaporkan SPT Tahunan dikantor pajak telah selesai. Untuk memudahkan, anda juga bisa melakukan Pelaporan SPT Tahunan ini secara online melalui website Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Akan tetapi, sebelumnya anda diwajibkan untuk pengurusan EFIN agar mempermudah anda ketika masuk kedalam website DJP.

Untuk gambar ketika mengisi didalam loket Help Desk tidak admin lampirkan. Karena memang meskipun nanti anda mengalami kesulitan ketika melakukan pengisian. Akan dibantu oleh petugas dari kantor pelayanan pajak tersebut. Demikian uraian mengenai cara pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi dikantor pajak langsung. Silahkan jika ada hal yang kurang dimengerti, bisa ditanyakan langsung melalui kolom komentar. Dan akan secepatnya admin balas dan jelaskan.