Cara Pembuatan Visa Terbaru

KNGInfo.com – Selain dokumen paspor yang harus anda miliki ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri, visa juga penting. Bedanya, visa merupakan dokumen yang harus anda miliki dari negara tujuan destinasi perjalanan anda. Bukan mendatangi kantor imigrasi seperti halnya dalam pembuatan paspor.

Untuk tujuan berlibur, terdapat dua jenis visa yang bisa disesuaikan dengan negara tujuan destinasi anda. Kedua jenis visa tersebut adalah visa pre arrival dan juga visa on arrival. Hal tersebut tergantung dari kerjasama kedua negara.

Visa Pre Arrival

Visa jenis ini adalah visa yang harus anda ajukan sebelum waktu keberangkatan, yaitu mendatangi langsung kantor kedutaan besar negara tersebut. Kantor kedutaan besar tersebut biasanya berada dikota-kota besar, contohnya saja di jakarta ataupun surabaya.

Segala persyaratan dan biaya yang dikenakan akan berbeda tergantung kebijakan dari masing-masing negara. Ada juga negara yang menerima pembuatan visa secara online, anda bisa coba mencari informasi di situs web yang disediakan oleh pihak imigrasi negara tersebut.

Visa On Arrival

Visa dengan jenis ini bisa anda ajukan ketika anda tiba dinegara tujuan destinasi anda. Sama halnya dengan visa pre arrival, segala bentuk persyaratan dan biasa pembuatannya akan berbeda. Tergantung dari kebijakan negara masing-masing dan lama kunjungan anda di negara tersebut.

Negara Bebas Visa

  1. Chili
  2. Colombia
  3. Ekuador
  4. Filipina
  5. Hongkong
  6. Jepang
  7. Haiti
  8. Myanmar
  9. Peru
  10. Singapura
  11. Thailand

Visa On Arrival

  1. Armenia
  2. Iran
  3. Jordan
  4. Kenya
  5. Mali
  6. Nepal
  7. Oman
  8. Somalia
  9. Togo
  10. Uganda

Itulah beberapa tahapan dalam proses pengajuan visa untuk keperluan anda ketika akan berkunjung keluar negeri. Semoga saja bermanfaat.