Cara Untuk Pindah Faskes BPJS Kesehatan | Pinjaman online kuningan info

Cara Untuk Pindah Faskes BPJS Kesehatan

KNGInfo.comCara Untuk Pindah Faskes BPJS Kesehatan. Adanya layanan kesehatan saat ini yang bisa membantu banyak orang untuk berobat sepertinya memang sesuatu yang sangat menguntungkan kita semua, salah satu layanan yang ada dan sudah banyak masyarakat gunakan adalah BPJS Kesehatan. Selain memberi dan membantu masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan juga memunngkinkan kita untuk memilih faskes yang sesuai dengan ingin kita. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Sekilas Mengenai BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan pada Peraturan Presiden Tahun 2013 Nomor 12, bahwa setiap warga negara Indonesia wajib mendaftar untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bahkan dalam situs resmi BPJS Kesehatan juga menjelaskan bahwa yang tidak mendaftar layanan ini tidak bisa mendapatkan pelayanan publik lainnya seperti pembuatan passport, SIM dan lainnya.

Adapun besaran iuran untuk peserta BPJS juga sudah pemerintah tetapkan guna memberikan solusi bagi warga yang kurang mampu. Dan berikut besar iuran BPJS berdasarkan kelasnya:

  • 800.000 untuk iuran kelas 1
  • 51.000 untuk iuran kelas 2
  • 25.500 untuk iuran kelas 3

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan, peserta wajib untuk terlebih dahulu menjalani pengobatan pada faskes atau fasilitas kesehatan pada tingkat pertama. Yang kemudian dapat rujuk ke rumah sakit yang memiliki kemitraan dengan BPJS Kesehatan, jika faskes tersebut mengatakan perlu tindakan lebih lanjut.

Akan tetapi, ada kalanya peserta BPJS Kesehatan berpindah domisili dengan jarak yang cukup jauh dari faskes sebelumnya. Lalu, apa solusinya? Ya, peserta boleh untuk berpindah faskes dengan syarat memperbaharui data diri beserta alamat barunya. Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk berpindah faskes BPJS Kesehatan ini adalah sebagai berikut.

BACA JUGA  Berikut Adalah Alur Pembuatan BPJS Secara Offline Dan Online

1. Secara Offline

Untuk cara offline kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Kunjungi kantor cabang atau kabupaten kota dan bawa KK dan juga Kartu BPJS kamu.
  • Ambil nomor antrean dan mengisi Formulir Daftar Isian Peserta.
  • Tunggu hingga nomor antrean kamu dipanggil dan berikan Formulir Daftar Isian Peserta yang sudah kamu isi tadi.

2. Secara Online

  • Kamu bisa langsung unduh aplikasi Mobile JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional di Play Store ataupun App Store.
  • Jika sudah unduh dan install aplikasi JKN, kamu buka dan buat akun kamu terlebih dahulu menggunakan data pribadi seperti NIK, nomor peserta BPJS Kesehatan dan lainnya.
  • Setelah selesai membuat akun, kamu bisa langsung login menggunakan nomor BPJS yang sebelumnya kamu daftarkan.
  • Kemudian kamu ubah pilihan Faskes tingkat 1 untuk merubah Faskes kamu, pilih yang sesuai dan dekat dengan domisili kamu.
  • Selanjutnya kamu akan menerima kode verifikasi pada email atau pun nomor ponsel kamu.
  • Selesaikan verifikasi dan data faskes kamu akan berubah dan dapat diakses pada tanggal 1 di bulan berikutnya. Namun kamu masih bisa menggunakan faskes yang lama sebelum faskes yang baru aktif.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan faskes BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk kamu yang sedang membutuhkan