CARAWAK : Angka Kemiskinan Di Kabupaten Kuningan Mengalami Penurunan

KNGInfo.com – Pemerintah Kabupaten Kuningan ( Pemkab ) menargetkan pembangunan tahun ini berfokus kepada peningkatan indeks pembangunan manusia ( IPM ). Dimana indeks pembangunan manusia itu meliputi bidang pendidikan, kesehatan ataupun peningkatan daya beli. Target tersebut ingin dicapai sesuai dengan visi kuningan mandiri, agamis dan juga sejahtera.

Tak mengherankan jika indeks pembangunan manusia terus difokuskan oleh pemerintah kabupaten kuningan. Agar semua target tersebut dapat dicapai, wakil bupati kuningan Dede Sembada menyampaikan hal tersebut di acara focus group discussion (FGD). Acara tersebut digelar di ruang linggarjati, setda kabupaten kuningan pada kamis 2 November 2017 kemarin.

Menurut Dede Sembada yang akan maju di pilkada 2018 tersebut, kondisi indeks pembangunan manusia kabupaten kuningan saat ini berada di level 74,34 poin. Kemudian untuk indeks pendidikan berada di level 85,50 poin, indeks kesehatan di level 79,37 poin dan untuk indeks daya beli berada di level 59,66 poin.

Selain hal tersebut, beberapa program yang berkaitan dengan sosial, pertanian, pemberdayaan masyarakat dan desa. Pekerjaan umum, ketenagakerjaan, lingkungan hidup ataupun hal lainnya tetap menjadi fokus dari pemerintah. Dalam kesempatan tersebut juga wakil bupati mengapresiasi kerja keras dari instansi terkait dalam upayanya meningkatkan indeks pembangunan manusia serta dibidang lainnya.

Untuk angka kemiskinan sendiri diklaim wakil bupati kuningan Dede Sembada mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dimana dari tahun sebelumnya menempati level 13,97 persen tahun 2015 menjadi 13,59 pada tahun 2016. Tentu hal ini menjadi bukti yang cukup signifikan berkat beberapa program-program yang digulirkan oleh pemerintahan kabupaten kuningan.

” kemiskinan merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak memiliki sumber daya dan pendapatan. Kekurangan bahan dasar seperti makanan bergizi, pakaian, rumah, air bersih maupun akses terhadap kesehatan dan pendidikan. Dimana pemerintah terus melakukan program-program untuk mengatasi semua permasalahan tersebut,” Ujar wakil bupati kuningan Dede Sembada.

Dia juga menyampaikan beberapa pesan khususnya untuk kepala SKPD DPMD, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas UKM dan Koperasi, Serta SKPD lainnya agar membuat kegiatan yang sasarannya adalah keluarga miskin ataupun keluarga yang bisa dibilang kurang mampu.

Sumber : radarcirebon.com