Cek Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK | Pinjaman online kuningan info

Cek Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK

KNGInfo.comCek Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK. Adanya layanan pinjaman online, membuat masyarakat merasa sedikit teringankan dari sulitnya perekonomian saat ini. Dan meskipun memiliki manfaat, namun tak jarang juga kita dengar pinjaman online yang merugikan nasabahnya. Untuk itu, dalam memilih pinjaman online kita pun harus hati – hati dan pastikan terlebih dahulu tempat pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK.

Dan untuk kamu yang akan atau sedang memilih aplikasi pinjaman online, maka kamu perlu melanjutkan untuk membaca postingan ini. Karena kali ini kita akan membahas cara mengecek pinjaman online yang terdaftar di OJK. Berikut ulasannya.

Pentingnya Cek Aplikasi Pinjaman Online Sebelum Meminjam

Untuk mendapatkan pinjaman online, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang banyak beredar saat ini. Dan dari sekian banyaknya aplikasi pinjaman online, tidak semuanya aman dan dapat kamu gunakan. Karena banyak aplikasi abal – abal yang berkedok pinjaman online namun malah merugikan nasabahnya.

Sehingga sangat penting untuk mengecek aplikasi pinjaman online tersebut sebelum meminjam, pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jika sudah terdaftar, maka kamu bisa melanjuti proses peminjaman. Karena pinjaman online yang telah terdaftar di OJK akan lebih aman dan terpercaya.

Dan seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali pengaduan dengan kasus penipuan oleh aplikasi pinjaman online. Belum lagi dengan layanan mereka yang bisa kita katakan terlalu kasar dan memaksa, misalnya cara menagih mereka yang menggunakan ancaman ataupun teror. Bahkan ada juga pengaduan dengan kasus penyalahgunaan identitas karena menggunakan pinjaman online.

Jadi kamu harus lebih hati – hati dalam menjatuhkan hati pada sebuah aplikasi pinjaman online, jangan sampai tergoda dengan iming – iming manis mereka dan akhirnya malah membuat kamu rugi baik materi maupun non materi.

BACA JUGA  3 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Menjaga Kesehatan

Cek Pinjaman Online Yang Sudah Terdaftar Pada OJK

Adapun cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK adalah sebagai berikut.

1. Mengguanakan Situs Resmi OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga independen yang bertugas untuk melakukan pengaturan, pengawasan hingga penyelidikan semua kegiatan sektor jasa keuangan termasuk pinjaman online. Untuk itu, kamu bisa menggunakan situs resminya di ojk.go.id. Masuk dan pilih menu “Publik”, kemudian klik icon garis empat horizontal yang ada pada sebelah tanda menu dan pilih “Berita dan Kegiatan”. Lanjutkan dengan pilih “Publikasi” dan cari publikasi yang berjudul “Penyelenggara Fintech Terdaftar dan Berizin di OJK”. Maka kamu akan melihat daftar pinjaman online yang telah terdaftar dan jika aplikasi yang akan kamu gunakan tidak ada disana berarti aplikasi tersebut belum terdaftar. Maka kamu perlu menimbangnya kembali sebelum memutuskan untuk melakukan peminjaman online.

Cek Pinjaman Online Yang Terdaftar di OJK

2. Dengan Menghubungi Langsung Kontak OJK

Kamu bisa menghubungi kontak ojk pada nomor, 021 2960 0000 ataupun menggunakan alamat emailnya di [email protected] dan [email protected] untuk menanyakan tentang legalitas dari pinjaman online yang akan kamu gunakan.

Selain menggunakan nomor telepon dan alamat email, kamu juga bisa langsung mendatangi langsung kantor OJK di Menara Radius Prawiro, Lantai 2, Komplek Perkantoran Bank Indonesia yang beralamat di Jalan MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat atau ke kantor cabang terdekat.

Demikian ulasan mengenai cara cek pinjaman online yang terdaftar di OJK. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.