Curug Ngelay, Waterfallnya Orang Kuningan | Pinjaman online kuningan info

Curug Ngelay, Waterfallnya Orang Kuningan

KNGInfo.com –¬†Kuningan memang tidak pernah ada habisnya apabila kita berbicara mengenai tempat wisata dan keindahan alam yang dimilikinya. Dan salah satu tempat wisata yang belum banyak tereksplor adalah curug ngelay. Curug yang berada di kawasan desa bagawat, kecamatan selajambe, kabupaten kuningan.

Awalnya mungkin banyak dari warga kuningan yang tidak atau belum mengetahui bahwa di desa bagawat terdapat curug yang sangat indah dan menarik. Dari namanya saja sudah pasti banyak warga kuningan dan luar kota kuningan yang penasaran. Istilah ngelay sendiri bagi warga kuningan artinya ngiler, hal ini karena aliran air di curug ngelay ini tidak terlalu deras.

Meskipun aliran airnya tidak terlalu deras, tetap saja keindahan dari curug ngelay ini selalu membuat pengunjung berbondong-bondong untuk berwisata kesini. Bahkan banyak juga pengunjung yang mengatakan bahwa curug ngelay ini seperti foto wallpaper yang ada di handphone.

Foto : www.radarcirebon.com

Curug ngelay ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan lebarnya sekitar 50 meter, tentu hal ini yang membuat keindahan dari curug ngelay makin terlihat. Air curugnya yang dingin dan bening membuat para wisatawan semakin betah berlama-lama disini. Bahkan banyak pengunjung atau wisatawan luar daerah kuningan yang menyempatkan untuk mandi disini.

Untuk warga kuningan yang belum mengetahui lokasi dari curug ngelay, curug ngelay berada di desa bagawat kecamatan selajambe kabupaten kuningan. Curug yang indah ini memang masih belum terlalu banyak diketahui oleh wisatawan, baik itu wisatawan asli kuningan ataupun luar kuningan.

Untuk aksesnya sendiri, apabila ditempuh dari pusat kota kuningan akan memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit. Rute perjalanannya sendiri mengarah ke daerah cipasung, darma. Nantinya anda akan melewati sukarasa, wedangtemu, cimenga, padahurip, selajambe dan yang terakhir akan sampai ke desa bagawat. Desa dimana curug ngelay tersebut berada.

Dari pusat desa bagawat, kita diharuskan menempuh jarak lagi sekitar 2 km melewati hamparan pesawahan yang luas dan indah. Saran saya ketika anda akan berwisata ke curug ngelay ini, lebih baik menggunakan sandal atau sepatu yang khusus agar kenyamanan anda terjaga ketika menikmati keindahan dari objek wisata curug ngelay.

Untuk menikmati curug ngelay ini, anda hanya perlu membayar biaya masuk sekitar Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000 saja. Tentu angka tersebut sangatlah murah apabila dibandingkan dengan keindahan yang kita dapatkan di objek wisata curug ngelay ini.

Bagaimana warga kuningan ? ternyata dikuninganpun masih banyak tempat wisata tersembunyi yang memberikan keindahan alam lebih bagus dibandingkan dengan daerah lainnya di sekitar jawa barat.

Foto : Eko Fajar