Daftar Bantuan Sosial yang Dilanjutkan Pada Tahun 2021

  • admin
  • Des 30, 2020
Daftar Bantuan Sosial yang Dilanjutkan Pada Tahun 2021

KNGInfo.comDaftar Bantuan Sosial yang Dilanjutkan Pada Tahun 2021– Ada kabar gembira untuk masyarakat yang hingga kini masih belum merasakan bantuan sosial dari pemerintah. Pasalnya, pemerintah telah menetapkan untuk melanjutkan bantuan sosial bagi penerima. Manfaat mulai awal Januari 2021 dengan tujuan untuk mengungkit daya beli masyarakat miskin. Lalu, apa saja bantuan sosial yang masih berlanjut pada tahun 2021? Berikut ulasannya.

Bantuan Sosial yang Berlanjut Di Tahun 2021

Dalam APBN 2021, pemerintah telah menggelontorkan anggaran setidaknya Rp. 110 triliun guna melanjutkan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemi corona saat ini. Seperti penjelasan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mendapat tugas langsung dari pemerintah untuk menangani bantuan sosial tersebut.

Dengan anggaran yang sudah ada, Risma pun menargetkan bantuan dapat menyalurkan kepada masing – masing penerima sejak pekan pertama Januari 2021 karena untuk datanya juga sudah hampir final dan tinggal penyebarannya saja.

Adapun bantuan sosial yang berlanjut di tahun 2021 terdiri dari dua jenis, yakni bansos khusus dan bansos reguler. Lalu apa saja bantuan sosial tersebut?

Bantuan sosial Rp. 200 ribu per bulan

Untuk bansos reguler, terdiri dari PKH atau Program Keluarga Harapan dan KPM atau Keluarga Penerima Manfaat non PKH dalam bentuk program sembako.  Dan sebesar Rp. 45,1 triliun telah pemerintah siapkan sebagai anggaran untuk bantuan program kartu sembako ini, yang nantinya akan pemerintah bagikan kepada 18,8 juta KPM atau Keluarga Penerima Manfaat senilai Rp. 200 ribu untuk setiap bulannya dan akan berjalan sepanjang Januari hingga Desember.

Bantuan sosial Rp. 300 ribu per bulan

Untuk bansos khusus merupakan BST atau Bantuan Sosial Tunai dan akan pemerintah berikan selama empat bulan. Pemerintah juga telah menyiapkan Rp. 28,7 triliun untuk PKH atau Program Keluarga Harapan dengan 10 juta KPM yang dibagikan setiap tiga bulan sekali. Bantuan Sosial Tunai ini akan pemerintah salurkan lewat PT Pos Indonesia (persero) yang akan kamu terima selama empat bulan yakni mulai dari Januari hingga April 2021 dengan sebesar Rp. 300 ribu per bulannya. Dan kabar baiknya, masyarakat tidak perlu lagi kak PT Pos untuk mengambil bantuan karena akan diantar langsung ke rumah masing – masing.

Itulah ulasan mengenai Daftar Bantuan Sosial yang Dilanjutkan Pada Tahun 2021. Semoga dengan ini bisa menambah informasi untuk kita semua. Dan untuk kamu yang terkena dampak pandemi namun belum mendapatkan bantuan, semoga bantuan sosial yang berlanjut di tahun 2021 esok akan sampai ke kamu.

BACA JUGA  Tempat Sablon Baju Area Kuningan
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *