Daftar dan Ganti Sertifikat Tanah Fisik Menjadi Elektronik

  • 2 min read
  • Feb 03, 2021
Daftar dan Ganti Sertifikat Tanah Fisik Menjadi Elektronik

KNGInfo.comDaftar dan Ganti Sertifikat Tanah Fisik Menjadi Elektronik. buku tanah atau sertifikat tanah fisik menjadi sertifikat tanah elektronik oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang BPN atau Badan Pertahanan Nasional. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertahanan Nasional Nomor 1 Tahun 2021 mengenai Sertifikat Elektronik dan telah berlaku sejak 12 Januari 2021 kemarin.

Jadi, bukti kepemilikan untuk tanah baru yang hendak didaftarkan ataupun tanah yang telah dimiliki seseorang perlu diubah menjadi sertifikat tanah elektronik. Bagaimana caranya? Berikut ulasan mengenai cara mendaftar dan mengganti buku tanah menjadi sertifikat elektronik.

Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik

Untuk melakukan pendaftaran tanah baru bisa melalui sistem elektronik. Dan melampirkan beberapa dokumen elektronik seperti gambar ukur, surat ukur, peta bidang tanah, gambar denah rumah atau surat ukur ruang dan dokumen lainnya.

Kemudian setiap bidang tanah yang telah ditetapkan batasannya akan memdapat nomor identifikasi bidang tanah air. Yang terdiri dari dua digit pertama sebagai kode provinsi, dua digit sebagai kode kota atau kabupaten, sembilan digit untuk nomor bidang tanah dan satu digit untuk kode bidang tanah di permukaan, ruang atas atau bawah tanah dan semacamnya.

Setelah itu, pendaftar akan melalui tahap pembuktian hak yang didasarkan alat bukti dari dokumen elektronik yang diterbitkan melalui sistem elektronik. Dan dokumen tersebut diteliti untuk kemudian ditetapkan haknya sebagai kepemilikan pendaftar. Jika telah disetujui maka terbitlah sertifikat elektroniknya.

Cara Mengganti Buku Tanah Menjadi Sertifikat Tanah Elektronik

Sedangkan bagi pemilik tanah yang ingin mengganti buku tanah menjadi sertifikat tanah elektronik. Maka terlebih dahulu harus mengajukan permohonan pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah pada Kementerian BPN. Permohonan pergantian buku tanah menjadi sertifikat tanah elektronik ini bisa dilakukan jika data fisik dan yuridis pada buku tanah telah sesuai dengan data yang ada pada sistem elektronik.

Kemudian validasi akan berlakukan pada data pemegang hak, data file dan data yuridis. Apabila telah sesuai maka sertifikat tanah elektronik akan diterbitkan dan buku tanah akan ditarik. Dan sertifikat elektronik ini pun telah mencakup semua data yang ada di buku tanah, surat ukur hinhga denah rumah. Setelah itu warkah discan dan disimpan dalam pangkalan data. Dan apabila ada perubahan data maka prosesnya pun secara elektronik.

Itulah ulasan mengenai cara Daftar dan Ganti Sertifikat Tanah Fisik Menjadi Elektronik. Semoga artikel dan info ini bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

BACA JUGA  Harga Tiket Po Bus Setia Negara
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *